TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemanjat Dinding di Makassar Tewas Terjatuh, Polisi Periksa Dua Saksi

Korban tewas setelah terjatuh dari wall climb di Taman Pakui

Kapolsek Panakkukang Kompol Jamal Fatur Rakhman. IDN Times / Sahrul Ramadan

Makassar, IDN Times - Jajaran petugas Unit Reskrim Polsek Panakkukang, Kota Makassar, telah memeriksa sejumlah saksi terkait kasus pemanjat jatuh dari dinding panjat atau wall climb di Taman Pakui. Korban Muladi Aminuddin tewas usai terjatuh Minggu, 26 Juli 2020, petang.

Dua saksi yang diperiksa belum disebutkan identitasnya oleh polisi atas pertimbangan hukum. "Iya ada dua orang (saksi) yang kita ambil keterangannya. Proses penyelidikan kasusnya," kata Kapolsek Panakkukang Kompol Jamal Faturakhman, kepada sejumlah jurnalis saat dikonfirmasi, Selasa (28/7/2020).

1. Olah TKP telah dilakukan petugas kepolisian

Ilustrasi TKP (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut informasi dari Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Sulawesi Selatan, korban kecelakaan saat membersihkan alat yang masih terpasang di bagian atas dinding panjat. Jamal mengungkapkan, pemeriksaan, pengumpulan data dan bahan keterangan dari sejumlah pihak masih dibutuhkan penyidik.

Petugas bahkan telah melakukan olah tempat kejadian perkara sejak Senin, 27 Juli 2020 kemarin, untuk mengetahui kronologi awal saat kecelakaan terjadi. Hasil pengumpulan data ini masih didalami. "Kita lakukan olah TKP bersama Tim Inafis Polrestabes Makassar," ungkap Jamal.

Baca Juga: Pemanjat Tewas Terjatuh, FPTI Sulsel Godok Tatib Memanjat bagi Umum

2. Polisi dalami SOP penggunaan wall climb yang digunakan korban

Ilustrasi panjat tebing. IDN Times/Feny Maulia Agustin

Terpisah, Kasat Reskrim Polrestabes Makassar Kompol Agus Khaerul menambahkan, penyelidikan sementara difokuskan untuk mengetahui bagaimana standar penggunaan wall climb yang digunakan korban. Mengingat, fasilitas tersebut dikelola dan diperuntukan umum.

"Dengan kejadian itu, kami tetap lakukan penyelidikan, periksa saksi-saksi yang ada di TKP. Kita juga akan periksa siapa yang sedang melaksanakan latihan itu, seperti apa SOP-nya. Itu yang akan kita cek semua. Dan akan jadi atensi kepolisian," ungkap Agus saat dikonfirmasi terpisah.

Baca Juga: Pria di Makassar Tewas Usai Jatuh dari Dinding Panjat

Berita Terkini Lainnya