TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lebaran Besok, Jemaah An-Nadzir Gowa Ikuti Protokol Pencegahan Corona

Penetapan Idulfitri telah melalui proses pengkajian

Jemaah An Nadzir Gowa menggelar salat berjemaan. IDN Times/Dok IDN Times

Makassar, IDN Times - Jemaah An Nadzir di Desa Mawang, Kecamatan Bontomarannu, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, bakal melaksanakan ibadah salat Idulfitri 1441 Hijriah, Sabtu (23/5) besok. Mereka merayakan hari Lebaran lebih awal dari waktu yang ditentukan pemerintah, Minggu (24/5) mendatang.

Pimpinan Jemaah An-Nadzir Ustaz Samiruddin Panemmui mengatakan, keputusan untuk ibadah salat Id besok ditentukan setelah pihaknya melalui tim 7, melakukan pengamatan melalui tanda-tanda alam. Seperti metode pemantauan pergerakan bulan hingga puncak air laut.

"Dari laporan tim kita, tim 7 itu, kita bisa tarik kesimpulan jika pergantian pergerakan bulan dari Ramadan ke Syawal terjadi hari ini," kata Samiruddin kepada IDN Times saat dikonfirmasi, Jumat (22/5).

1. Pelaksanaan Idulftri besok berdasarkan pelaporan tim 7 melalui Isbat

IDN Times/Abdurrahman

Pelaksanaan ibadah salat Idulfitri, dijelaskan Samiruddin, telah melalui serangkaian proses pengkajian dan pemantauan tanda-tanda alam melalui tim 7 di sejumah lokasi yang telah ditentukan sebelummya. Mulai dari dataran tinggi, rendah hingga kawasan pesisir.

Hal itu dilakukan untuk betul-betul memastikan bahwa metode pengkajian pemantauan atau pengamatan sudah sesuai dengan ketentuan internal yang berlaku. Tim tersebut, katanya, juga telah memperhitungkan proses pergerakan bulan sejak awal puasa Ramadan.

An-Nadzir Gowa melaksanakan ibadah puasa sehari lebih awal dari umat muslim umumnya. Hasil pelaporan dimusyawarahkan kemudian disepakati seluruh jemaah An-Nadzir dalam isbat yang telah digelar beberapa hari sebelumnya hingga hari ini.

"Jadi jemaah An Nadzir telah memutuskan 1 Syawal 1441 Hijriah akan jatuh pada pergantian hari Jumat ke hari Sabtu besok," jelas Samiruddin.

Baca Juga: Jemaah An Nadzir di Gowa Mulai Puasa Ramadan Hari Ini

2. Ibadah Salat Id menyesuaikan protokol kesehatan cegah COVID-19

ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Samiruddin mengungkapkan, jemaah An-Nadzir Gowa melaksanakan ibadah salat Id besok, menyesuaikan protokol kesehatan di tengah pandemik COVID-19. Mulai dari menjaga jarak hingga penggunaan masker. Samiruddin juga menjamin sterilitas seluruh jemaah hingga daerahnya.

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk memastikan sementara waktu tidak ada aktivitas lain di luar jemaah. Artinya kami harap teman-teman, bisa memaklumi ini sama-sama mengikuti anjuran pemerintah untuk mencegah COVID-19," ucap Samiruddin.

Baca Juga: Jamaah An Nadzir di Gowa Rayakan Lebaran Hari Ini

Berita Terkini Lainnya