Usut Kerugian Rp700 Juta, Danny Minta PD Pasar Segera Diaudit

Audit melibatkan Inspektorat dan ahli

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto menegaskan bahwa PD Pasar Makassar Raya akan segera diaudit. Langkah ini bukan tanpa alasan.

PD Pasar mengalami kerugian sebesar Rp700 juta lebih berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi oleh DPRD Makassar beberapa waktu lalu. Pada triwulan I, kerugian yang dialami sekitar Rp260 juta dan di triwulan II sebesar Rp469 juta.

"Kita minta segera diaudit. Ada audit per tahun, bisa segera diaudit. Saya sudah telpon kemarin itu, kasih penjelasan ke saya," ujar Danny di kediamannya,  Makassar, Senin (17/7/2023).

Baca Juga: Dua Pasar Terbakar, Perumda Pasar Makassar Akui Manajemen Kurang Baik

1. Diduga karena banyak lods yang belum terisi

Usut Kerugian Rp700 Juta, Danny Minta PD Pasar Segera DiauditSejumlah orang di sekitar lokasi kebakaran di Pasar Sentral Makassar berusaha melewati garis polisi. IDN Times/Dahrul Amri

Danny mengaku tidak ingin berlama-lama menunggu hasil audit tahunan. Menurutnya, penyebab kerugian ini harus segera diketahui meskipun telah mendengarkan klarifikasi dari pihak PD Pasar.

Dia telah memanggil pihak PD Pasar untuk menjelaskan penyebab kerugian itu. Menurut PD Pasar, salah satu penyebabnya yaitu masih banyak lods di Pasar Sentral yang belum terisi.

"Kalau penjelasan awal di saya karena tidak berfungsinya pedagang-pedagang sekitar berapa ribu yang ada di Pasar Sentral, dan di Pasar Sawah yang lagi dibangun, itu yang membuat pendapatan drop," kata Danny.

2. Ada desakan untuk mengevaluasi PD Pasar

Usut Kerugian Rp700 Juta, Danny Minta PD Pasar Segera DiauditWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat konferensi pers rakernis APEKSI di Hotel Four Points Makassar, Senin (7/11/2022). IDN Times/Asrhawi Muin

Danny juga mengakui bahwa ada desakan dari DPRD Makassar untuk mengevaluasi kinerja PD Pasar. Namun dia tidak ingin langsung mengevaluasi tanpa adanya hasil audit.

"Kalau alasannya tidak kuat, saya sudah sampaikan, pasti akan saya evaluasi," kata Danny.

Proses audit ini dilaksanakan oleh Inspektorat, termasuk dengan melibatkan auditor dari pihak ketiga di luar pemerintahan.

3. PD Pasar siap diaudit

Usut Kerugian Rp700 Juta, Danny Minta PD Pasar Segera DiauditDirektur Utama Perumda Pasar Karya Makassar, Ichsan Abduh Hussein. IDN Times/Asrhawi Muin

Sementara itu, Dirut PD Pasar Makassar Raya, Ichsan Abduh Hussein, juga mengaku telah melaporkan perihal kerugian ini kepada wali kota. Dirinya juga mengakui telah menerima kritikan dari pihak Komisi B DPRD Makassar. 

Ichsan menilai desakan dari DPRD sebagai kritik untuk bekerja lebih baik lagi. Dia pun menyatakan siap diaudit sesuai dengan instruksi wali kota.

"Kami siap untuk diaudit kalau memang dikatakan ada indikasi korupsi, kapan saja dan dari pihak mana pun yang berkompoten kami siap diaudit," katanya.

Baca Juga: Danny Pomanto Sebut Proyek Japparate Dilirik Investor Korea Selatan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya