PLN Siapkan SPKLU Pertama di Kawasan Wisata Malino Gowa

Hadirkan listrik tanpa kedip pada event Beautiful Malino

Makassar, IDN Times - PT PLN menyiapkan sarana berupa Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di kawasan wisata Malino, Kabupaten Gowa. Itu merupakan SPKLU pertama di kawasan Kota Bunga tersebut.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) Moch. Andy Adchaminoerdin mengatakan, SPKLU terletak di kantor PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Malino. SPKLU memiliki kapasitas daya 7,7 kiloWatt (kW) dan siap beroperasi melayani kendaraan listrik yang ingin mengisi daya.

"Bagi masyarakat yang ingin ke Malino menggunakan kendaraan listrik kini tidak perlu khawatir lagi, silahkan melakukan pengisian daya di SPKLU Malino," ungkap Andy dalam keterangan pers yang diterima, Selasa (18/7/2023).

Baca Juga: Potret Terminal Petikemas New Makassar, Green Port Berbasis Listrik

1. Upaya mendukung wisata ramah lingkungan

PLN Siapkan SPKLU Pertama di Kawasan Wisata Malino GowaPengguna mobil listrik tengah mengisi daya di SPKLU PLN ULP Malino. (Dok. PLN UID Sulselrabar)

Andy menyebut SPKLU di kawasan Wisata Kota Bunga Malino dapat mendukung wisata ramah lingkungan. Yaitu dengan kendaraan bebas polusi, dan juga sekaligus mempercepat ekosistem kendaraan listrik di kawasan wisata tersebut.

Andy optimistis upaya itu bisa berjalan maksimal. Apalagi, kata Andy, persentase Energi Baru Terbarukan (EBT) di sistem kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan sudah mencapai 41,6 persen.

2. PLN hadirkan listrik tanpa kedip di perhelatan Beautiful Malino

PLN Siapkan SPKLU Pertama di Kawasan Wisata Malino GowaPetugas PLN tengah bersiaga menjaga pasokan listrik saat perhelatan "Beautiful Malino 2023" berlangsung. (Dok. PLN UID Sulselrabar)

Selain penyiapan SPKLU, PLN menghadirkan listrik andal tanpa kedip (zero down time) dalam perhelatan Beautiful Malino, pada 14-16 Juli 2023. Kegiatan Pemerintah Kabupaten Gowa itu berlangsung di kawasan Wisaat Kota Bunga Malino.

Andy mengatakan, kesuksesan menghadirkan listrik tanpa kedip ini menjadi bukti bahwa PLN siap menjawab kebutuhan listrik dengan tingkat keandalan tinggi.

"Demi kenyamanan masyarakat yang hadir dalam perhelatan tersebut, kami menerjunkan total 16 personel bersiaga untuk menjaga pasokan listrik selama acara," ujar Andy.

Andy menambahkan, guna mendukung keandalan pasokan listrik PLN juga menghadirkan layanan khusus (ELOD Ultima Advance) dengan daya sebesar 269 kilo Volt Ampere (kVA) yang juga dilengkapi satu unit Uninterruptible Power Supply (UPS) dengan daya 100 kVA. Selain itu PLN juga memasang Jaringan Tegangan Rendah sepanjang 600 meter untuk memasok listrik di tiga titik acara.

"Kami bersyukur dalam salah satu perhelatan besar ini listriknya andal, tanpa kedip, sehingga masyarakat dapat menikmati acara yang berjalan dengan lancar," ujar Andy.

3. Listrik jadi kebutuhan vital dalam helatan pariwisata

PLN Siapkan SPKLU Pertama di Kawasan Wisata Malino GowaPerhelatan "Beautiful Malino 2023" sukses berlangsung dengan pasokan listrik tanpa kedip dari PLN. (Dok. PLN UID Sulselrabar)

Event Organizer Beautiful Malino 2023, Iccank turut mengapresiasi layanan tanpa kedip dari PLN. "Dalam perhelatan seperti ini, listrik merupakan kebutuhan utama dan hal yang vital. Saya mengucapkan terima kasih kepada PLN yang telah menghadirkan pasokan listrik andal selama acara berlangsung," ucap Iccank.

Senada Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gowa, Andi Tenri Tahri. Dia turut mengapresiasi keandalan pasokan listrik dan respon cepat dari petugas PLN selama perhelatan Beautiful Malino Tahun 2023.

"Selama acara berlangsung, PLN bersama dengan tim sangat tanggap dan pasokan listrik tidak ada kendala sedikitpun. Kami berharap kerjasama dan dukungan ini tetap terjalin ke depannya," ujar Andi Tenri.

Baca Juga: PLN Alirkan Listrik ke 51 Desa 3T di Sulselrabar selama 2023

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya