TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

BBM Naik, Driver Ojol di Makassar Demo Tuntut Tarif Dinaikkan

DPRD Sulsel akan RDP dengan perwakilan perusahaan ojol

Ratusan driver ojek online (Ojol) di Makassar gelar demo tuntut kenaikan tarif, Kamis (7/9/2022). (Istimewa)

Makassar, IDN Times -  Ratusan driver ojek online (ojol) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung DPRD Sulsel, Jalan Urip Sumoharjo, Makassar, Kamis (8/9/2022).

Aksi unjuk rasa ratusan driver ojol yang mengatasnamakan Aliansi Ojol Bersatu ini, menuntut agar tarif ojol dinaikkan seiring kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

"Kami meminta agar tarif yang saat ini Rp7 ribu dinaikkan jadi Rp10 ribu, BBM naik bahan pokok pasti juga naik," kata Supriadi, salah satu driver ojol kepada wartawan di sela aksi unjuk rasa.

1. DPRD Sulsel janji teruskan aspirasi ke Pusat

Ilustrasi rapat paripurna DPRD Sulsel. Humas Pemprov Sulsel

Diketahui, para driver ojol yang ikut unjuk rasa di Kota Makassar hari ini, antara lain, dari Grab, Gojek, Maxim, Shopee, dan Indriver. Mereka lalu diterima wakil ketua DPRD Sulsel, Syaharuddin Alrif.

"Aspirasi dari teman-teman ojol kita akan teruskan lagi ke pemerintah pusat, bahwa  masyarakat Sulsel tidak setuju kenaikan BBM," kata Syahruddin kepada wartawan.

2. RDP dengan manajer ojol di daerah

IDN Times/Aan Pranata

Politikus NasDem itu menjelaskan, kenaikan harga BBM semestinya juga diikuti dengan kenaikan tarif transportasi online. "Hari Senin kita akan tindak lanjuti dengan melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dan mengundang manajer area masing-masing (ojol) untuk membicarakan agar tarifnya juga dinaikkan. Begitu juga dengan angkutan umum, jadi paralel dengan ada kenaikan harga BBM ini," jelas Syaharuddin.

Tarif ojol baru telah ditetapkan akan naik mulai 10 September 2022 nanti, berdasarkan persetujuan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI. "Terkait itu (kenaikan tarif ojol), kita di Sulsel tidak ingin telat penyesuaian," lanjut Syaharuddin Alrif.

Baca Juga: Jika Harga BBM Naik, Driver Ojol Makassar: Hidup Makin Berat!

Berita Terkini Lainnya