TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pengungsi Korban Banjir di Makassar Sudah Kembali ke Rumah

Lebih dari 6.000 jiwa terdampak

Ilustrasi banjir. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Makassar, IDN Times - Banjir di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), telah surut. Warga yang mengungsi pun sudah kembali ke rumahnya masing-masing.

Salah satunya di Kecamatan Tamalanrea, di mana tercatat ada 33 titik pengungsian. Camat Tamalanrea Muhammad Reza mengatakan pengungsi di wilayahnya telah pulang sejak siang, Kamis (9/12/2021). 

"Semua titik pengungsian sudah kosong. Para pengungsi sudah kembali ke rumah masing-masing," kata Reza.

1. Lebih dari 6.000 jiwa terdampak

Warga di Kelurahan Katimbang, Kecamatan Biringkanaya, Makassar, mengungsi karena kebanjiran. IDN Times/Sahrul Ramadan

Dalam tiga hari terakhir, banjir yang melanda sebagian wilayah di Kota Makassar. Banjir merendam permukiman penduduk sehingga warga harus mengungsi karena ketinggian air terus meningkat.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar mencatat warga yang harus mengungsi karena banjir sebanyak 6.102 jiwa yang tersebar di 58 titik pengungsian.

Baca Juga: Keceriaan Anak Korban Banjir Makassar Diajak Berdongeng 

2. Banjir sempat merendam pemukiman warga

Banjir di perumahan Puri Raya, Kelurahan Borong, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Selasa (8/12/2021). IDN Times/Aan Pranata)

Sebelumnya, hujan intensitas tinggi sejak tanggal 5 - 7 Desember 2021 di Makassar, menyebabkan banjir di mana-mana. Banjir juga melanda daerah pesisir karena terjadi banjir rob akibat gelombang tinggi dan air pasang. 

Banjir tak hanya merendam pemukiman penduduk tapi juga sejumlah ruas jalan utama. Kondisi ini diperparah dengan buruknya drainase. Beberapa kanal juga meluap sehingga air tidak punya jalur untuk keluar.

Baca Juga: Solusi Banjir Makassar ala Danny: Rumah Rawan Banjir Dibuat 2 Lantai

Berita Terkini Lainnya