TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jamin Warga Papua Aman di Makassar, Wali Kota: Jabatan Jadi Jaminan!

Setelah kerusuhan Wamena, sejumlah warga Sulsel jadi korban

IDN Times/Aan Pranata

Makassar, IDN Times - Pj Wali Kota Makassar Iqbal Samad Suhaeb menjamin keamanan warga asal Papua yang bermukim di daerahnya. Pemerintah Kota bersama seluruh komponen masyarakat disebut akan senantiasa melindungi warga Papua, yang umumnya datang untuk menempuh pendidikan di Makassar.

Wali Kota merespons isu adanya aksi balas dendam, menyusul jatuhnya korban asal Sulawesi Selatan dalam konflik kemanusiaan di Wamena, Papua, baru-baru ini. Wali Kota juga menegaskan isu itu sama sekali tidak benar.

"Kepastian keamanan, jabatan ini yang jadi jaminannya. Warga Papua yang ada di Makassar kita jamin tidak akan tersentuh apa pun," kata Wali Kota usai menghadiri doa bersama untuk Wamena di Anjungan Pantai Losari Makassar, Jumat (4/10) petang.

Baca Juga: [FOTO] Seribu Ekspresi Para Pengungsi Wamena Setiba di Makassar

Baca Juga: 10 Fakta di Balik Kerusuhan Wamena yang Tewaskan 33 Warga

1. Wali Kota imbau warganya tidak gampang terprovokasi

IDN Times/Aan Pranata

Wali Kota Iqbal mengimbau warganya agar selalu menjaga kedamaian. Masyarakat diminta tidak gampang terpancing provokasi dan isu-isu tidak benar. Kericuhan yang terjadi di Wamena, diharapkan tidak sampai meluas ke daerah lain.

"Mari berdoa, semoga orang-orang yang melakukan tindakan anarkistis, berlebihan, agar bisa bertobat dan diberikan hidayah," kata Iqbal.

2. Sebanyak 557 orang pengungsi asal Wamena tiba di Makassar

ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Usai kerusuhan di Wamena, sebagian warga setempat mengungsi ke luar daerah. Menurut laporan Antara, sebanyak 557 di antaranya mengungsi ke Sulawesi Selatan. Sebanyak 194 di antaranya berasal dari Makassar.

Pengungsi menempuh perjalanan udara dan laut selama tiga hari, sejak Kamis (3/10). Jumlah ini diprediksi terus bertambah.

Kepada para pengungsi, Iqbal secara langsung menyampaikan bahwa Pemkot Makassar siap memfasilitasi warga Sulsel untuk kembali ke daerah asalnya.

"Saat ini ada dua bus yang Pemkot Makassar siapkan untuk mengantarkan pengungsi ke kampung halamannya. Kami juga bersinergi dengan tim medis jika sekiranya ada hal yang urgent," kata Iqbal dikutip dari Antara.

Berita Terkini Lainnya