Unhas Terima 1.760 Calon Mahasiswa Baru lewat Jalur SNMPTN

Ada lebih dari 28 ribu siswa yang juga ikuti jalur serupa

Makassar, IDN Times - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) telah mengumumkan hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN Tahun Akademik 2021/22 pada Senin (22/3/2021) pukul 16.00 WITA. PTN di seluruh Indonesia pun menyambut kedatangan puluhan ribu calon mahasiswa baru, termasuk Universitas Hasanuddin (Unhas).

Dalam rilis yang diterima IDN Times, Unhas menerima total 1.760 mahasiswa baru lewat jalur undangan. Mereka adalah yang terpilih dari seleksi yang juga diikuti 28.906 siswa yang memilih Unhas via SNMPTN tahun ini.

1. Hanya ada 6 persen dari total peserta SNMPTN Unhas yang diterima sebagai mahasiswa baru

Unhas Terima 1.760 Calon Mahasiswa Baru lewat Jalur SNMPTNTangkapan layar tampilan situs Hasil Seleksi SNMPTN 2021 yang diikuti oleh ratusan ribu siswa. (pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id)

Suharman Hamzah selaku Direktur Komunikasi Unhas menyebut peserta SNMPTN yang berjumlah lebih dari 28 ribu siswa merupakan bukti bahwa minat masuk Kampus Merah masih sangat kompetitif.

"Angka ini menunjukkan hanya 6% dari siswa yang berminat terhadap Unhas yang dapat kita terima. Secara nasional, Unhas menempati peringkat kesepuluh nasional jumlah peminat. Khusus untuk pilihan pertama, Unhas berada di peringkat ketujuh," ungkap Suharman dalam keterangan tertulisnya.

Mereka yang diterima terbagi dalam 69 program studi (prodi), termasuk dua prodi vokasi sarjana terapan (D-IV Teknologi Produksi Ternak dan D-IV Teknologi Produksi Tanaman Pangan) di Kampus Unhas Sidrap yang baru buka pada Februrari 2020.

2. Selanjutnya, mahasiswa baru Unhas harus melengkapi berkas dan dokumen

Unhas Terima 1.760 Calon Mahasiswa Baru lewat Jalur SNMPTNPemandangan pintu masuk dan tugu nama kampus Universitas Hasanuddin di Tamalanrea, Kota Makassar. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Setelah resmi diterima, para calon mahasiwa baru via SNMPTN ini harus melakukan registrasi secara daring melalui http://regpmb.unhas.ac.id. Proses ini berlangsung mulai Rabu (23/3/2021) esok hingga 3 April 2021 mendatang.

Suharman juga mengingatkan agar calon mahasiswa mengunggah dokumen-dokumen asli. Pihaknya pun menyiapkan langkah tegas jika didapati berkas abal-abal dalam tahap registrasi. "Jika ditemukan dokumen yang tidak benar, maka kelulusan calon mahasiswa ini dapat dibatalkan," jelasnya.

Baca Juga: Upacara Penerimaan 6.949 Mahasiswa Baru Unhas Digelar Daring

3. Di Tahun Akademik 2020/21, Unhas menerima 1.438 calon mahasiswa baru via jalur undangan

Unhas Terima 1.760 Calon Mahasiswa Baru lewat Jalur SNMPTNSuasana upacara penerimaan mahasiswa baru Universitas Hasanuddin Makassar tahun ajaran 2020/21, pada Senin 9 September 2020. (Dok. Direktorat Komunikasi Universitas Hasanuddin)

Bagi siswa yang tak lolos SNMPTN, Sudirman meminta mereka tak berkecil hati. Masih ada Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) alias Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK). Pendaftaran SBMPTN sendiri telah dibuka sejak Senin pekan lalu (15/3/2021) dan ditutup pada 1 April 2021.

"Siswa yang akan mendaftar melalui Jalur UTBK-SBMPTN dapat menggunakan akun LTMPT yang sama pada Jalur SNMPTN," tutup Sudirman.

Sebelumnya, pada SNMPTN Tahun Akademik 2020/21, Unhas menerima 1.438 calon mahasiswa baru dari 17.668 yang mendaftar, atau hanya 8,1 persen.

Baca Juga: Unhas Bebaskan UKT bagi Mahasiswa Terdampak Gempa Sulbar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya