Ramdhan Pomanto Jadi Tamu Istimewa Peringatan 70 Tahun Kemitraan RI-AS

Peringatan hubungan diplomatik RI-AS digelar di Manado

Manado, IDN Times - Mantan Wali Kota Makassar Ramdhan Pomanto menjadi tamu istimewa peringatan 70 tahun, hubungan diplomatik Amerika Serikat (AS) dan Indonesia, yang digelar di hotel Four Point by Sheraton, Manado, Sulawesi Utara, Senin (17/6).

Politisi Nasdem yang akrab disapa Danny ini datang bersama istrinya, Indira Jusuf, atas undangan khusus Duta Besar AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan dan Konsul Jenderal AS, Mark McGovern. Danny yang baru sebulan melepas jabatannya sebagai Wali Kota Makassar tetap dianggap sebagai sahabat Dubes AS Joseph R Donovan dan Konjen AS di Surabaya, Mark McGovern. 

“Peringatan hubungan kemitraan AS dan Indonesia yang sudah terjalin selama 70 tahun ini menunjukkan bahwa menjaga hubungan bilateral itu sangat penting. Meskipun saya sudah tidak menjabat wali kota lagi, masih tetap dianggap sebagai sahabat. Dengan ini kita harus memberikan kontribusi untuk terus menjaga hubungan baik kedua negara, Indonesia dan AS,” ujar Danny pada IDN Times.

Baca Juga: Putusan MK Terbit, Danny Pomanto Bisa "Nyalon" Lagi di Pilkada Makassar

1. Saat menjadi wali kota, Danny sering bekerja sama dengan lembaga dari AS

Ramdhan Pomanto Jadi Tamu Istimewa Peringatan 70 Tahun Kemitraan RI-ASDok Pribadi Danny Pomanto

Selama menjadi wali kota satu periode, 2014-2019, Danny kerap menjalin kerja sama dengan lembaga-lembaga dari AS. Seperti kerja sama di bidang sanitasi dan penyehatan lingkungan, yang melibatkan lembaga USAID dalam proyek Indonesia Urban Water, Sanitation, and Hygiene (IUWASH) pada tahun 2018 lalu.

Sebelumnya, Danny juga pernah menerima kunjungan Atase Perdagangan Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, David Kincaid, di rumah dinasnya, di akhir September 2016. Dalam pertemuan itu, Danny dan David membahas peluang investasi perusahaan AS di Makassar, terkait pengelolaan energi, seperti rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah di TPA Tamangapa. 

Baca Juga: Pemkot Makassar Tambah 127 Kendaraan Pengangkut Sampah    

2. Danny pernah diundang sebagai pembicara ASEAN Economic Community (AEC) di AS

Ramdhan Pomanto Jadi Tamu Istimewa Peringatan 70 Tahun Kemitraan RI-ASDok Pribadi Danny Pomanto

Di pertengahan masa jabatannya, pada Februari 2016, Danny yang berlatar belakang arsitek ini pernah diundang khusus menjadi pembicara di ASEAN Economic Community (AEC) di San Fransisco, AS. Danny mendapat undangan khusus dari Presiden AS Barrack Obama, dalam forum yang dihadiri 10 kepala negara, ratusan akademisi dan pimpinan perusahaan dunia. 

Dalam pertemuan yang juga dihadiri Presiden Joko Widodo dan Presiden Barrack Obama sebagai tuan rumah pertemuan ini, Danny berbicara tentang 'positioning' Indonesia yang sangat strategis dalam 'New Angle World' atau arena kompetisi baru antara dua kekuatan ekonomi dunia, yakni Amerika Serikat dan Tiongkok. Danny juga menegaskan posisi Makassar dalam peta dunia sangat strategis untuk jalur pelayaran perdagangan Internasional, dan menawarkan pada investor dunia untuk menjadikan Makassar sebagai Singapura baru. 

3. Peringatan 70 tahun hubungan Diplomatik Indonesia-AS juga diisi dengan latihan tempur bersama

Ramdhan Pomanto Jadi Tamu Istimewa Peringatan 70 Tahun Kemitraan RI-ASPixabay.com

Dalam rangka peringatan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-AS, TNI AU dan Angkatan Udara AS menggelar latihan terbang bersama, yang diberi sandi Cope West 2019. Dalam latihan ini akan melibatkan 6 pesawat US Air Force F-16 CM/DM dari AS dan 7 pesawat F-16 milik TNI AU. Latihan bersama ini melibatkan 131 prajurit US Air Force dan 150-an personel TNI AU dan akan berlangsung hingga 28 Juni nanti. 

Pembukaan latihan tempur Cope West 2019 di Lanud Sam Ratulangi ini dihadiri Dubes AS untuk Indonesia, Joseph R. Donovan, Konjen AS di Surabaya, Mark McGovern; Danlanud Iswahyudi Marsekal Pertama Iko Widiarto, Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Danlanud Sam Ratulangi Manado, Kol. Pnb Johnny Sumaryana, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen Tiopan Aritonang, dan Kapolda Sulut Irjen Pol Remigius Sigid.

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya