Ustaz Ini Borong Miras Lalu Tumpahkan Isi di Depan Penjual

Warganet: yang punya warung isi stok jualan lagi

Makassar, IDN Times -  Seorang pria jadi pembicaraan warganet setelah aksinya terekam video dan tersebar di media sosial. Dalam tayangan yang beredar, dia memborong minuman keras di sebuah warung dan menumpahkan isinya di hadapan penjual.

Dari beberapa unggahan di Instagram dan Facebook, pria tersebut diketahui seorang ustaz bernama Muhammad Ikhwan Jalil. Dia dikenali sebagai ketua Dewan Syuro organisasi masyarakat Wahdah Islamiyah. Adapun kejadian disebutkan berlokasi di kawasan wisata Pantai Bira, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan.

"Masya Allah, Ustadz Ikhwan Jalil hafidzahullah lagi rihlah di pantai Bira dan ketemu dengan ibu penjual miras, beliau memborong lalu ditumpahkan," tulis akun Facebook Muhammad Abdillah Anugraha, Sabtu (29/6).

Hingga tujuh jam setelah diunggah, video tersebut telah dibagikan ulang lebih dari 1.300 kali di Facebook. Konten yang sama juga diunggah ulang beragam akun populer di Instagram.

IDN Times masih berupaya menghubungi Muhammad Ikhwan Jalil untuk memastikan soal isi video.

Baca Juga: Tantangan Terbesar yang Hadang Jokowi-Ma'ruf Selanjutnya

1. Isi botol miras ditumpahkan di depan warung

Ustaz Ini Borong Miras Lalu Tumpahkan Isi di Depan PenjualIlustrasi (IDN Times/Daruwaskita)

Video berdurasi 2 menit 18 detik itu memperlihatkan seorang pria berkaus putih tengah menggenggam botol yang disebut berisi minuman keras. Dia menumpahkan satu per satu isi botol ke pasir di depan sebuah warung.

Aksi ini disaksikan beberapa orang di sekitarnya. Tampak juga seorang wanita yang diduga penjual miras. Dalam tayangan itu, perekam video juga sempat menangkap suasana pantai pasir putih yang identik dengan Bira.

2. Aksi menumpahkan botol disebut sebagai proyek akhirat

Ustaz Ini Borong Miras Lalu Tumpahkan Isi di Depan PenjualDok. IDN Times/Istimewa

Di tengah aksinya menumpahkan isi botol miras, sang pria dalam video sempat menerangkan alasannya berbuat demikian. Dia menyebut aksinya itu sebagai proyek akhirat.

"Alhamdulillah bersama dengan saya di sini dalam proyek akhirat amar makruf nahi munkar.  Kita tidak main pecah-pecah, tapi kita tumpahkan," katanya.

Sang pria juga tampak menceramahi seorang wanita diduga penjual miras. "Dunia itu bukan dari banyaknya uang. Tapi berkahnya Allah subhana wa ta'ala," dia melanjutkan.

3. Warganet: yang punya warung isi stok jualan lagi

Ustaz Ini Borong Miras Lalu Tumpahkan Isi di Depan Penjualpexels.com/Tracy Le Blank

Unggahan video aksi menumpahkan isi miras mendapat respons beragam dari warganet. Banyak yang mendukung aksi pria dalam video, namun ada juga yang mencibir.

Pengguna Facebook, Andi Zulaikha Irawan memuji aksi tersebut karena orang dalam video disebut telah lebih dulu memborong minuman yang ditumpahkan. "Contoh razia yang baik. Tidak merugikan pedagang kecil," katanya.

Ada pula yang meragukan efektivitas tindakan tersebut. Akun Nizad Mbt menulis: "Iya, abis ditumpahin semua, yang punya warung isi stok jualan lagi." 

Baca Juga: Makassar Butuh Tambahan 1.300 Pegawai Negeri  

Topik:

  • Aan Pranata
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya