Tim SAR Evakuasi Pendaki Hipotermia di Gunung Bawakaraeng

Pendaki mengalami gejala hipotermia saat turun dari puncak

Makassar, IDN Times - Tim SAR gabungan mengevakuasi seorang pendaki dari Pos 7 Gunung Bawakaraeng di Kabupaten Gowa karena mengalami hipotermia, Senin pagi (31/7/2023).

Kepala Kantor Basarnas Makassar Mexianus Belabel mengatakan, pendaki bernama Dapiol itu dilaporkan mengalami gejala hipotermia saat turun dari puncak. Mereka sedang dalam perjalanan menuju perkemahan di Pos 5, saat mengalami hipotermia di Pos 7.

"Tim SAR berhasil mengevakuasi yang bersangkutan ke kaki gunung hingga hutan pinus Lembanna dan diserahkan ke pihak keluarganya untuk mendapatkan pemulihan lebih lanjut," kata Mexianus dalam keterangannya, Senin.

Baca Juga: 2065 Pendaki Upacara HUT RI di Gunung Bawakaraeng dan Lembah Ramma

1. Tim SAR terima laporan empat pendaki bermasalah

Tim SAR Evakuasi Pendaki Hipotermia di Gunung Bawakaraengilustrasi Gunung Bawakaraeng (Instagram.com/rmbtravelindo)

Mexianus mengatakan, awalnya tim SAR menerima laporan ada empat pendaki masalah di jalur pendkian. Namun belakangan diketahui hanya satu yang mengalami hipotermia dan berhasil dievakuasi.

"Tim berangkat sekitar pukul 23.45 Wita (Minggu malam) dan langsung menuju ke lokasi melalui jalur bulu balea", terang Mexianus.

Tim Rescue Basarnas bersama Potensi Sar langsung menuju ke Pos 7 dan menemukan korban sekitar Pos 5 dan Pos 6. Dapiol kemudian dievakuasi ke bawah oleh Tim Sar Gabungan.

2. Korban sempat mendaki sampai puncak

Tim SAR Evakuasi Pendaki Hipotermia di Gunung BawakaraengTim SAR mengevakuasi seorang pendaki mengalami gejala hipotermia di Gunung Bawakaraeng, Senin pagi (31/7/2023). (Dok. Basarnas Makassar)

Mexianus menerangkan, korban bersama teman-temannya berkemah di Pos 5 Gunung Bawakaraeng. Dia bersama tiga orang mendaki ke puncak Bawakaraeng dan kembali pada Minggu malam (30/7/2023). Di pos 7, korban mengalami hipotermia dan kesulitan berjalan turun.

"Jadi dua rekan lainnya lanjut ke Pos 5 dan kemudian melaporkan kondisi korban ke bagian registrasi Gunung Bawakaraeng diteruskan ke Basarnas. Untuk merespons hal itu kita kerahkan satu tim berkualifikasi jungle rescue untuk membantu proses evakuasi korban tersebut," jelas Maximus.

3. Pendaki diimbau perhatikan keselamatan

Tim SAR Evakuasi Pendaki Hipotermia di Gunung BawakaraengTim SAR mengevakuasi seorang pendaki mengalami gejala hipotermia di Gunung Bawakaraeng, Senin pagi (31/7/2023). (Dok. Basarnas Makassar)

Mexianus mengingatkan para pendaki memperhatikan keselamatan dan keamanan diri saat beraktivitas di alam bebas. Hal-hal yang bisa memicu hipotermia bisa dicegah. 

"Atas kejadian ini tentu kami mengimbau agar para pendaki tetap memperhatikan keselamatan dalam hal melakukan proses pendakian," katanya.

Baca Juga: Semua Penumpang Kapal Tenggelam di Buton Tengah Ditemukan

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya