SEA Games 2023: Atlet Sulsel Sumbang 6 Emas, 2 Perak, 3 Perunggu

Prestasi ini jadi inspirasi bagi atlet Sulawesi Selatan

Makassar, IDN Times - Atlet asal Sulawesi Selatan menyumbangkan enam medali emas untuk kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja. Medali diraih dari nomor perseorangan maupun beregu.

Selain emas, atlet Sulsel juga berhasil meraih dua medali perak dan tiga medali perunggu. Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sulsel Yasir Machmud bersyukur dan gembira dengan capaian tersebut.

"Keberhasilan ini membuktikan bahwa olahraga di Sulawesi Selatan semakin berkembang dan mampu bersaing di kancah internasional," kata Yasir dalam keterangannya yang diterima, Rabu (17/5/2023).

Hingga hari penutupan SEA Games, Rabu, kontingen Indonesia menempati peringkat ketiga perolehan medali di bawah Vietnam dan Thailand. Indonesia mengumpulkan 87 medali emas, 80 perak, dan 109 perunggu.

Sulsel mengirimkan 14 atlet Sulsel di SEA Games 2023. Enam orang bertanding di cabang olahraga sepak takraw, yaitu Hardiansyah Muliang, Rusdi, Andi Trisandi Putra, dan Diky Apriadi, Kusnelia, dan Fuji Anggreini. Lalu ada empat karateka, yaitu Andi Dasril, Andi Tomy, Albyadi, dan Krisda putri aprilia.

Atlet veteran Sulsel Anwar Tarra bertanding di cabang traditional boat race, Rahmat Erwin Abdullah di angkat besi, Ismail Kadir di biliar, dan Ananda Raehan Alif pemain PSM di cabor sepak bola.

Baca Juga: Daftar Atlet Sulsel Penyumbang 6 Medali Emas di SEA Games 2023

1. Prestasi atlet Sulsel membanggakan

SEA Games 2023: Atlet Sulsel Sumbang 6 Emas, 2 Perak, 3 PerungguLifter putra Indonesia Rahmat Erwin Abdullah melakukan angkatan snatch pada kelas 81 kg putra SEA Games 2023 di Taekwondo Hall, Olympic Complex, Phnom Penh, Kamboja, Senin (15/5/2023). (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

Atlet Sulsel menyumbangkan dua medali emas lewat sepak takraw, ditambah satu medali perak dan dua perunggu. Dari traditional boat race, wakil Sulsel menyumbangkan dua medali emas. Satu medali emas didapatkan dari angkat besi, dan satu lainnya dari cabor sepak bola.

Dua medali perak didapatkan masing-masing dari cabor sepak takraw dan karate. Sedangkan tiga medali perunggu berasal dari sepak takraw (2 medali) dan karate (1 medali).

"Mereka semua hebat dan berprestasi. Hanya Ismail kadir yang gugur saat memasuki perempat final laga biliard, tapi hal itu sudah sangat membanggakan bagi Sulawesi Selatan," kata Yasir Machmud.

2. Daftar atlet Sulsel peraih medali di SEA Games 2023

SEA Games 2023: Atlet Sulsel Sumbang 6 Emas, 2 Perak, 3 PerungguPemain PSM Makassar Ananda Raehan Alif jadi bagian skuad Timnas Indonesia U-22 peraih medali emas SEA Games 2023 di Kamboja. (Instagram/anandaraehan88)

Berikut ini daftar atlet Sulsel peraih medali di ajang SEA Games 2023:

Medali Emas

  • Muhammad Hardiansyah Muliang dan Rusdi, sepak takraw nomor men's double putra
  • Hardiansyah Muliang, Rusdi, Andi Try Saputra, dan Diky Apriadi, sepak takraw nomor men's team double putra
  • Anwar Tarra (dua emas), traditional boat race nomor 500 meter 12 kru putra dan traditional boat race nomor 800 meter 12 kru putra
  • Rahmat Erwin Abdullah, angkat besi nomor 81 kg putra
  • Ananda Raehan Alif, sepak bola putra

Medali Perak

  • Diky Apriadi, Muhammad Hardiansyah Muliang, Andi Try Sandi Saputra, dan Rusdi, sepak takraw nomor kuadran putra
  • Andi Dasril Dwi Darmawan, Andi Tomy Aditya Mardana, Albiadi, karate nomor kata beregu putra

Medali Perunggu

  • Kusnelia, sepak takraw nomor kuadran putri
  • Fuji Anggraeni, sepak takraw nomor double putri
  • Krisda Putri Aprilia, karate nomor kata perorangan putri

3. Para peraih medali jadi inspirasi bagi atlet Sulsel

SEA Games 2023: Atlet Sulsel Sumbang 6 Emas, 2 Perak, 3 PerungguKetua KONI Sulsel Yasir Machmud. (Dok. KONI Sulsel)

Sebelum tim Indonesia berangkat ke SEA Games, Yasir Machmud bersama Suherman Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulawesi Selatan mewakili Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, mengunjungi ke-14 atlet tersebut di Jakarta. Mereka memberikan motivasi dan semangat bagi para atlet. Gubernur menjanjikan bonus bagi atlet berprestasi.

Yasir Machmud mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat, terutama para Pengprov Cabor Sepaktakraw, Karate, Dayung, Angkat Besi/Angkat Berat, Bilyard, dan PSM serta Cabor Sepak Bola. Ia juga mengungkapkan terima kasih kepada kanda Ellong Tjanra, mantan Ketua Umum KONI Sulawesi Selatan sebelumnya, yang terus memantau perkembangan atlet Sulawesi Selatan, terutama dalam cabang Karate.

"Prestasi yang diraih oleh para atlet Sulawesi Selatan di SEA Games ini menjadi inspirasi bagi cabor lainnya dan motivasi bagi perkembangan olahraga di Sulawesi Selatan," ucap Yasir.

Baca Juga: Rahmat Erwin Raih Emas dan Pecahkan 3 Rekor SEA Games, Keren!

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya