Perahu Mati Mesin, Nelayan Bulukumba Terbawa Arus hingga ke Jeneponto

Korban selamat usai satu hari terombang-ambing di lautan

Makassar, IDN Times - Nelayan bernama H Salling, 50 tahun, yang dilaporkan hilang saat melaut di perairan Bira, Kabupaten Bulukumba, sejak Rabu (17/7/2024), ditemukan selamat. Dia bersama perahunya yang mengalami mati mesin terombang-ambing hingga ke perairan Kabupaten Jeneponto.

Salling ditemukan selamat oleh tim SAR gabungan, Kamis siang (18/7/2024). Saat ditemukan, perahunya hanya bisa bergerak terbawa arus laut.

"Sekitar pukul 11.39 Wita korban ditemukan Tim Sar Gabungan setelah perahu miliknya hanyut hingga perairan Jeneponto," kata Muhammad Arif Anwar, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Makassar.

Arif menerangkan, saat hendak memancing di perairan Bira Bulukumba perahu korban mengalami mati mesin sehingga terbawa arus dan hanyut hingga perairan Jeneponto. Karenanya, keluarga dan nelayan yang mencari sehari sebelumnya sudah tidak menemukan keberadaan korban di lokasi biasa memancing.

Adapun Tim Sar Gabungan yang tiba di lokasi menggunakan perahu karet berlambung padat langsung mengevakuasi korban menuju pelabuhan Birea Bantaeng. Korban pun dijemput keluarganya.

"Alhamdulillah korban selamat dan sudah dievakuasi ke pelabuhan Birea Bantaeng untuk diserahkan ke keluarganya," imbuh Arif Anwar.

Atas kejadian ini, Arif Anwar kembali mengimbau kepada nelayan agar memperhatikan keselamatan dirinya saat hendak melaut. Utamanya melengkapi dengan pelampung dan alat komunikasi sederhana agar bila terjadi kondisi darurat bisa melakukan komunikasi dan meminimalkan risiko.

"Semoga kejadian ini bisa menjadi perhatian khusus betapa pentingnya nelayan melengkapi diri dengan alat keselamatan berupa pelampung dan alat komunikasi sederhana, agar jika terjadi kondisi tidak diinginkan bisa segera melaporkan ke keluarga atau pihak berwenang," kata Arif Anwar.

Baca Juga: Basarnas Cari Nelayan Hilang di Perairan Bira Bulukumba

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya