Pemprov Sulsel Beli Mobil SUV Rp4,4 M untuk Tamu Penting, Ini Speknya 

Satu unit dianggarkan Rp2 miliar lebih

Makassar, IDN Times - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menganggarkan pengadaan dua unit mobil SUV mewah pada tahun anggaran 2019. Total anggaran mencapai Rp4,4 miliar.

Plt Kepala Biro Umum Sekretariat Daerah Sulsel Idham Kadir membenarkan soal pembelian itu. Mobil dibeli menggunakan dana APBD Perubahan Sulsel tahun 2019. 

Idham menyatakan mobil ini akan digunakan Pemprov untuk menjemput tamu-tamu penting yang datang ke Sulsel.

“Spesifikasinya Land Cruiser, untuk tamu-tamu negara, misalnya presiden, wapres,” kata Idham melalui pesan singkat, Rabu (20/11).

1. Masing-masing mobil bernilai Rp2 miliar lebih

Pemprov Sulsel Beli Mobil SUV Rp4,4 M untuk Tamu Penting, Ini Speknya Ilustrasi rupiah (ANTARA FOTO)

Menurut informasi yang dihimpun dari Pemprov Sulsel, dua mobil SUV yang dibeli bermerek Toyota Land Cruiser dengan tahun keluaran 2019. Spesifikasi masing-masing mobil berbeda, meski sama-sama mengusung mesin 4.461 CC transmisi automatis (A/T) dengan bahan bakar diesel.

Satu unit bertipe Land Cruiser 200 Standard Spec dengan nilai harga Rp2.059.650.000. Sedangkan unit lainnya dengan tipe Land Cruiser 200 Full Spec lebih mahal, dengan harga Rp2.395.950.000.

2. Lelang tender dianggarkan Rp5,6 miliar

Pemprov Sulsel Beli Mobil SUV Rp4,4 M untuk Tamu Penting, Ini Speknya LPSE Pemprov Sulsel

Pengadaan mobil terpantau dalam laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Pemprov Sulsel. Pengadaan tertuang dalam lelang tender dengan nama Belanja Modal Pengadaan Alat-alat angkutan darat bermotor station wagon/mini bus, Belanja Modal Pengadaan Alat-alat Angkutan Darat Bermotor Jeep. Lelang ini memuat pembelian tiga item kendaraan.

Nilai pagu paket bernilai Rp5,6 miliar lebih, yang bersumber dari APBD Perubahan. Per Kamis (21/11), lelang telah masuk tahap surat penunjukan penyedia barang/jasa. Lelang ini diikuti sepuluh peserta, dan dimenangkan PT Hadji Kalla.

3. Land Cruiser termasuk lini andalan di jenis SUV

Pemprov Sulsel Beli Mobil SUV Rp4,4 M untuk Tamu Penting, Ini Speknya toyota.astra.co.id

Mengutip laman Auto 2000 Astra, Land Cruiser merupakan mobil SUV yang menggabungkan gaya dan performa. Mobil ini didesain dengan dimensi bodi besar, untuk menempuh berbagai medan. 

Model terbaru didukung mesin V8 berkapasitas 4,5 liter atau 4461. Mesin tersebut mampu menghasilkan hingga 232 tenaga kuda, dengan 6 transmisi otomatis dan torsi mencapai 616 nm.

Mobil ini dilengkapi sejumlah perangkat interior dan perlengkapan keamanan mutakhir. Misalnya Pre-crash Safety System, yang dapat mendeteksi keberadaan pejalan kaki melalui radar dan kamera monokuler.

Baca Juga: Rektor: Macam-macam dengan Pemprov Sulsel, Berhadapan dengan Unhas

4. DPRD dukung pengadaan mobil untuk tamu

Pemprov Sulsel Beli Mobil SUV Rp4,4 M untuk Tamu Penting, Ini Speknya Kantor DPRD Sulsel. IDN Times/Aan Pranata

Legislator Fraksi Demokrat DPRD Sulsel Selle KS Dalle membenarkan soal pembelian dua unit mobil SUV mewah di Pemprov. Pembelian itu sebelumnya sudah disetujui oleh DPRD.

Selle mengatakan, pengadaan mobil untuk tamu penting sangat mendesak. Mobil itu dianggap akan menjadi citra baik Sulsel di mata tamu-tamu penting yang datang berkunjung.

“Ada di APBD 2019. Dalam tataran memuliakan tamu, kita setuju orang datang bertamu di Sulsel. Apalagi yang VVIP kita terima secara baik dan istimewa," kata Selle.

Baca Juga: Tunggakan Pajak Randis Pemprov Sulsel Capai Rp400 Juta

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya