Pemkot Makassar Menyisir Imunisasi Campak Rubela di Sekolah

Capaian imunisasi campak rubela di Makassar masih rendah

Makassar, IDN Times - Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan Kota Makassar berencana menyisir capaian imunisasi campak rubela di sekolah. Sweeping terutama ditekankan untuk tingkat sekolah dasar.

"Saya sudah perintahkan semua kepala sekolah dan akan saya evaluasi mana yang tidak capai target. Ini bersifat perintah karena program nasional, jadi harus ada keseriusan," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar Muhyiddin Mustakim dikutip dari Antara, Kamis (8/9/2022).

Baca Juga: Pemkot Makassar Agendakan Pemilihan Ketua RT/RW di November

1. Cakupan imunisasi baru 54,49 persen

Pemkot Makassar Menyisir Imunisasi Campak Rubela di Sekolahilustrasi vaksinasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Muhyiddin mengatakan, penyisiran bertujuan untuk meningkatkan capaian imunisasi pada Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) 2022. Apalagi, Kota Makassar menjadi daerah dengan capaian cakupan imunisasi BIAN terendah di antara 24 kabupaten/kota se Sulawesi Selatan.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan hingga Senin, 5 September 2022, cakupan imunisasi Campak Rubella Kota Makassar baru 54,49 persen.

Muhyiddin Mustakim memberikan warning kepada seluruh kepala sekolah untuk serius menindaklanjuti arahan sehingga target BIAN 2022 bisa tercapai.

2. Sekolah diberi target cakupan minimal 95 persen

Pemkot Makassar Menyisir Imunisasi Campak Rubela di SekolahIlustrasi siswa. (ANTARA FOTO/Septianda Perdana)

Muhyidin mengatakan, pihamnya memberikan target minimal 95 persen siswa di setiap sekolah harus imunisasi Campak dan Rubella guna mencapai target 95 persen di sisa waktu program BIAN 2022 yang berakhir 13 September mendatang.

Bersama Dinas Kesehatan Kota Makassar, jadwal pelaksanaan imunisasi Campak Rubella di sekolah-sekolah telah disepakati bersama. Target 95 persen harus dicapai per tanggal 13 September mendatang.

"Kalau kita bergerak bersama, turun tangan semua, kita bisa memanfaatkan sisa waktu yang ada ini untuk mencapai target," kata dia.

3. Sebagian orang tua siswa menolak anaknya diimunisasi

Pemkot Makassar Menyisir Imunisasi Campak Rubela di Sekolahilustrasi suntikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Makassar Nursaidah Sirajuddin mengungkapkan sejumlah kendala yang terjadi di lapangan, sehingga cakupan imunisasi Campak Rubella di Makassar bisa rendah. Di antaranya, banyak orang tua yang menolak anaknya diimunisasi, dan masih ada kendala teknis di Posyandu.

"Kendala kita di Posyandu juga karena di Posyandu kita baru buka pasca COVID-19, tapi sebenarnya ini kendala teknis di lapangan," kata Nursaidah.

Ia optimistis bisa mengejar ketertinggalan di Kota Makassar, dengan memaksimalkan semua potensi yang ada. Nursaidah juga mengaku akan melakukan evaluasi terhadap kesesuaian data yang disampaikan Kementerian Kesehatan

"Alhamdulillah sekarang sudah 65 persen, dan kita berharap September ini kita gencarkan bisa mencapai 95 persen. Ke depan kita target semua puskesmas sudah 90 persen," kata dia.

Baca Juga: 17 Kantor Lurah di Makassar Pindah ke Kontainer Makassar Recover

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya