Comscore Tracker

None Akui Pembuat Iklan Lutfi Bawa Bendera NasDem, Ini Penjelasannya

Iklan sebagai ucapan selamat untuk kegiatan NasDem Days

Makassar, IDN Times - Sebuah iklan di media cetak yang menampilkan demonstran Lutfi Alfiandi jadi pembicaraan di media sosial. Iklan itu kontroversial karena foto Lutfi menggenggam bendera merah putih dimanipulasi menjadi bendera Partai NasDem.

NasDem telah membantah sebagai pembuat iklan. Belakangan diketahui, iklan dibuat oleh bakal calon wali kota Makassar Irman Yasin Limpo. None -sapaan Irman- merupakan Staf Ahli Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang juga adik Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Baca Juga: Iklan Lutfi Demonstran Bawa Bendera NasDem Ini Dicemooh Warganet

1. Iklan sebagai ucapan selamat untuk NasDem Days 2020

None Akui Pembuat Iklan Lutfi Bawa Bendera NasDem, Ini PenjelasannyaIrman Yasin Limpo. IDN Times/Aan Pranata

Juru Bicara Irman Yasin Limpo, Tri Febrianto, membenarkan pihaknya sebagai pembuat iklan Lutfi membawa bendera NasDem. Iklan itu memuat pesan ucapan selamat untuk kegiatan NasDem Days 2020.

NasDem Days 2020 digelar di Makassar pada 25-26 Januari 2020 lalu. Acara dirangkaikan dengan Rakorsus DPW Partai NasDem se-Indonesia, dan Rapat Konsolidasi Partai NasDem se-Sulawesi Selatan.

“Tidak ada niatan lain kecuali bentuk apresiasi,” kata Tri melalui rilis pers yang diterima IDN Times di Makassar, Selasa (28/1).

2. Desain iklan disebut bentuk kreativitas anak bangsa

None Akui Pembuat Iklan Lutfi Bawa Bendera NasDem, Ini PenjelasannyaIDN Times/Arief Rahmat

Lutfi merupakan demonstran yang fotonya viral karena membawa bendera merah putih pada rangkaian unjuk rasa di Gedung DPR, Jakarta, Oktober 2019 lalu. Dia ditangkap polisi dan ditengarai disiksa. Pada iklan yang ramai dibicarakan, bendera dimanipulasi menjadi biru dengan logo Partai NasDem.

Foto Lutfi membawa bendera merupakan karya fotografer Kompas, Garry Lotulung. Tri tidak menjelaskan, apakah manipulasi foto sudah mendapat izin dari pemilik karya atau tidak. Namun desain iklan disebut semata bentuk kreativitas.

"Sebagai cermin sikap kenegarawanan bang Surya Paloh yang selalu mengedepankan kepentingan masyarakat luas dan selalu mengapresiasi segala bentuk kreativitas anak bangsa," ujar Tri.

3. None memuji kegiatan kemasyarakatan NasDem

None Akui Pembuat Iklan Lutfi Bawa Bendera NasDem, Ini PenjelasannyaKetua Umum Partai NasDem Surya Paloh. IDN Times/Aan Pranata

None, kata Tri, memuji kegiatan NasDem Days yang digelar di Makassar. Hajatan itu diisi dengan sejumlah kegiatan kemasyarakatan. Misalnya peluncuran ambulans gratis, hingga pembagian sembako kepada masyarakat kurang mampu.

Bagi None, semangat dan aksi Nasdem memberi inspirasi. Membangun Indonesia, diungkapkan Tri mesti timbul dari hati nurani, seperti yang selalu ditunjukkan Ketua Umum Nasdem, Surya Paloh.

None juga memuji NasDem sebagai partai modern, yang bisa merangkul anak-anak muda.

"Nasdem merupakan partai kekinian. Memberi ruang bagi milenial untuk memperlihatkan kemampuan inovasi seperti bidang fotografi, desain serta kreatifitas lainnya," Tri mengatakan.

Baca Juga: Rakorsus di Makassar, NasDem Target Menang Pemilu 2024

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya