Comscore Tracker

Masalah Teknis, Batik Air Tujuan Jakarta Kembali ke Makassar

Penumpang diarahkan berganti pesawat

Makassar, IDN Times - Pesawat Batik Air nomor penerbangan ID6289 mengalami masalah teknis dalam penerbangan dari Makassar, Sulawesi Selatan, menuju Jakarta, Rabu (9/1/2019) pagi. Pesawat berjenis Airbus 320 pun harus kembali mendarat ke Makassar. 

1. Pesawat hanya 16 menit di udara

Masalah Teknis, Batik Air Tujuan Jakarta Kembali ke MakassarFacebook/Batik Air

Deputi General Manager Bidang Operasi Airnav Indonesia Cabang Makassar Davitson Aritonang menyebutkan, pesawat Batik Ait berangkat dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar pada pukul 10.01 WITA. Pada pukul 10.05 WITA, pilot memutuskan kembali ke bandara karena mengalami masalah teknis.

“Pilot memutuskan return to base. Pesawat mendarat jam 10.17 WITA,” kata Davitson melalui pesan singkat.

2. Penumpang terpaksa berganti pesawat

Masalah Teknis, Batik Air Tujuan Jakarta Kembali ke MakassarTwitter/@TheBatikAir

Dalam rekaman video berdurasi 57 detik yang beredar di media sosial, seorang penumpang Batik Air mengabadikan suasana setelah pesawat kembali mendarat di Makassar. Terlihat para penumpang antre turun dari pesawat. Salah satu di antara mereka terlibat dialog dengan pramugari, mempertanyakan soal kelanjutan penerbangan mereka.

Davitson tidak menyebutkan secara rinci masalah teknis yang dialami pesawat Batik Air ID6289. Namun dia menyatakan penerbangan tersebut kini sedang persiapan menuju Jakarta dengan berganti pesawat. Penumpang diarahkan untuk bersiap menuju pesawat pengganti.

“Pesawat registrasi PKLAH berganti dengan pesawat registrasi PKLUK,” ujar Davitson.

Baca Juga: 7 Jet Tempur Ini Termasuk Pesawat dengan Kecepatan Tertinggi di Dunia

3. Return to Base bisa menimpa penerbangan mana saja

Masalah Teknis, Batik Air Tujuan Jakarta Kembali ke MakassarIlustrasi interior pesawat - IDN Times/Uni Lubis

General Manager Airnav Indonesia cabang Utama Makassar Novy Pantaryanto mengungkapkan, mendarat ke bandara asal hal lumrah dalam dunia penerbangan. Return to Base, istilahnya, merupakan keputusan pilot saat terjadi masalah teknis dengan pesawat.

“RTB bisa menimpa airlines mana saja. Misalnya Garuda Indonesia atau Singapore Airline,” ujarnya.

4. Penumpang diminta tetap tenang

Masalah Teknis, Batik Air Tujuan Jakarta Kembali ke MakassarFacebook/Batik Air

Novy mengimbau penumpang pesawat tetap tenang saat terjadi situasi yang mengharuskan RTB. Penumpang diharap tetap menciptakan suasana kondusif, sembari maskapai berupaya mengganti pesawat. Adapun penggantian pesawat membutuhkan upaya yang sangat besar, karena pesawat yang tersedia tidak ada di setiap bandara.

“Edukasi ini perlu untuk penumpang. Alhamdulillah ini bisa langsung ganti pesawat. Tapi harus sabar juga, karena butuh proses untuk bongkar-muat bagasi yang lumayan banyak, bisa 10 sampai 15 ton,” kata Novy.

Baca Juga: Jangan Sembarangan, 5 Makanan Ini Baiknya Dihindari Saat Naik Pesawat!

Topic:

  • Yogie Fadila

Just For You