Comscore Tracker

Komunitas Nelayan Pesisir Makassar soal Capres: Kami Pilih yang Peduli

Deklarasi dukungan bagi kandidat capres Ganjar Pranowo

Makassar, IDN Times - Kelompok relawan Komunitas Nelayan Pesisir Makassar mendeklarasikan dukungan bagi kandidat calon presiden Ganjar Pranowo. Deklarasi berlangsung di kawasan ekowisata mangrove Lantebung, Kecamatan Tamalanrea, Makassar, Rabu (21/9/2022).

Relawan yang terdiri dari nelayan dan masyarakat pesisir menyuarakan dukungan bagi Ganjar, sebagai kandidat yang dianggap peduli terhadap kelompok mereka. Dasarnya, berbagai program danaksi nyata Ganjar mendorong kesejahteraan nelayan selama jadi Gubernur Jawa Tengah.

“Nelayan di pesisir Kota Makassar ini meyakini bahwa Bapak Ganjar adalah pemimpin terbaik untuk Indonesia ke depan. Beliau yang peduli kami. Memang saat ini Pak Ganjar memimpin Jawa Tengah, tapi kepeduliaannya sangat dirasakan oleh kami,” kata Sekretaris Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel, Muhammad Arafah, dalam siaran persnya, Kamis (22/9/2022).

Baca Juga: Relawan Ganjar Galang Dukungan Komunitas Nelayan di Gowa

1. Program asuransi nelayan di Jateng jadi daya tarik

Komunitas Nelayan Pesisir Makassar soal Capres: Kami Pilih yang PeduliGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Instagram.com/@ganjar_pranowo)

Menurut Arafah, Ganjar menunjukkan kepeduliannya terhadap nelayan di Jateng lewat sejumlah program. Di antaranya program Kartu Nelayan dan Asuransi Nelayan (Ansel) Pemprov Jateng. Disebutkan, 151 ribu nelayan sudah  terjangkau Ansel dan Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sejak 2016-2022.

Komunitas nelayan berharap program serupa bisa diterapkan secara nasional. Mendukung Ganjar maju sebagai capres dianggap upaya menuju itu.

“Jujur kami sangat ingin merasakan kepedulian-kepedulian itu secara nyata. Makanya kami mendukung Pak Ganjar Presiden 2024,” ucap Arafah.

2. Sisi positif Ganjar di mata nelayan

Komunitas Nelayan Pesisir Makassar soal Capres: Kami Pilih yang PeduliIlustrasi hasil tangkapan nelayan. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnnas

Arafah mengatakan, beberapa waktu lalu Ganjar bergerak cepat mengatasi kelangkaan solar di kalangan nelayan. Ganjar disebut langsung berkomunikasi dengan Pertamina dan BPH Migas agar alokasi BBM untuk nelayan ditambah. Sistem pendataan surat rekomendasi nelayan juga diperbaiki agar data kebutuhan solar bisa dihitung secara akurat, dan distribusi solar ke nelayan lebih tepat sasaran.

Arafah mengatakan, kepedulian Ganjar juga terlihat ketika mengalokasikan bantuan Rp 60 miliar kepada masyarakat terdampak penyesuaian harga BBM bersubsidi, termasuk nelayan. Khusus nelayan se-Jateng, Ganjar melalui Pemprov menganggarkan bantuan Rp4,74 miliar untuk 14.375 orang nelayan.

“Tentunya hal itu membuat solar jadi tidak langka lagi. Apalagi beliau juga memberikan bantuan saat penyesuaian harga BBM bersubsidi,” katanya.

3. Keliling Sulsel sosialisasikan dukungan bagi Ganjar

Komunitas Nelayan Pesisir Makassar soal Capres: Kami Pilih yang PeduliPelatihan seputar keselamatan melaut jadi agenda deklarasi Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel di Makassar.(Dok. Istimewa)

Arafah mengatakan, Komunitas Nelayan Pesisir Sulsel terus sosialisasikan sosok Ganjar kepada nelayan-nelayan di Sulawesi Selatan. Arafah berharap, Ganjar akan terus mendorong kesejahteraan nelayan saat memimpin Indonesia sebagai Presiden di tahun 2024 mendatang.

"Mudah-mudahan Pak Ganjar semakin peduli sama nelayan, terlebih nelayan di Sulawesi Selatan ini. Pak Ganjar sudah mendorong kesejahteraan nelayan di Jateng, nah nanti saatnya Pak Ganjar melakukan hal yang sama untuk nelayan di seluruh Indonesia,” katanya.

Selain deklarasi, Komunitas Nelayan Pesisir di Makassar juga menggelar pelatihan bertajuk “Pelatihan Safety dalam Melaut” untuk nelayan pesisir. Kegiatan ini bertujuan meminimalisir kecelakaan kerja saat melaut.

Baca Juga: Komunitas Nelayan Jeneponto Dilatih Minimalisir Kecelakaan Kerja

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya