Jadwal Imsakiyah Ramadan 1422 H Makassar dan Sekitarnya, Unduh di Sini

Simpan informasi ini untuk pedomanmu di bulan Ramadan

Makassar, IDN Times - Kementerian Agama baru akan menetapkan awal Ramadan 1422 Hijriah melalui sidang isbat pada 12 April 2021. Sidang isbat akan diawali dengan pengamatan posisi hilal awal Ramadan dan rukyatul hilal.

"Sidang isbat awal Ramadan ini digelar pada 29 Sya'ban yang bertepatan 12 April 2021,” kata Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kamaruddin Amin, dikutip dari laman Kemenag, Senin (5/4/2021).

Sebelumnya sejumlah organisasi masyarakat telah menentukan awal Ramadan 1422 H. Salah satunya Muhammadiyah, yang menetapkan 1 Ramadan bertepatan dengan 13 April 2021 Masehi. Hasil hisab awal sesuai keputusan Munas Tarjih ke-31.

Buat kamu yang bersiap menjalani ibadah di bulan Ramadan, informasi jadwal imsakiyah berikut ini bisa kamu simpan untuk jadi pedomanmu mengenai waktu berpuasa dan salat.

Baca Juga: Jemaat Salat Tarawih di Makassar Dipisah menurut Vaksinasi

1. Jadwal Imsakiyah Makassar dan Sekitarnya dari Kementerian Agama

Jadwal Imsakiyah Ramadan 1422 H Makassar dan Sekitarnya, Unduh di Sinikemenag.go.id

Meski belum menetapkan awal Ramadan, Kemenag sudah mengeluarkan jadwal imsakiyah melalui Dirjen Bimas Islam. Kamu bisa mengunduh atau melihat secara daring jadwal imsakiyah per hari, meski tanpa dilengkapi dengan tanggal masehi.

Untuk melihat jadwal imsakiyah Kemenag, kamu bisa membuka lamannya di alamat: https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsakiyah.

Caranya, cukup pilih provinsi dan kota yang ingin kamu cari. Dan jadwal imsakiyah yang ditampilkan pun akan tampil menurut daerah.

2. Jadwal Imsakiyah Makassar dan Sekitarnya dari Muhammadiyah

Jadwal Imsakiyah Ramadan 1422 H Makassar dan Sekitarnya, Unduh di Sinisuaramuhammadiyah.com

Suara Muhammadiyah selalu menyediakan jadwal imsakiyah setiap jelang bulan Ramadan untuk seluruh kota besar di Indonesia. Mengutip Suara Muhammadiyah, jadwal imsakiyah tahun ini dihisab dan disusun oleh Wakil Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah, Ustad Dr Oman Fathurohman SW.

Berbeda dengan metode hisab lembaga lain yang biasanya tidak memperhitungkan tinggi daerah, metode hisab yang dipakai Muhammadiyah di samping memperhitungkan posisi lintang dan bujur daerah juga memperhitungkan tinggi daerah yang dihisab. Karena itu waktu imsak dan subuh dalam jadwal imsakiyah Muhammadiyah tahun ini kemungkinan ada perbedaan dengan jadwal imsakiyah yang dihisab lembaga lain.

Buat kamu yang berminat mengunduh jadwal imsakiyah Ramadan Muhammadiyah tahun ini, unduh melalui laman di bawah ini. Cukup pilih berdasarkan daerahmu.

3. Jadwal Imsakiyah Makassar dan Sekitarnya dari Nahdlatul Ulama

Jadwal Imsakiyah Ramadan 1422 H Makassar dan Sekitarnya, Unduh di Sininu.or.id

Kamu bisa mendapatkan jadwal imsakiyah dari Nahdlatul Ulama (NU) dengan mengunduhnya dari laman Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama. Kunjungi di alamat berikut ini:

http://falakiyah.nu.or.id/JadwalImsakiyahPuasa.aspx

Pada laman itu, kamu tinggal memilih menu lokasi yang ingin ditampilkan. Maka jadwal imsakiyah untuk tanggal 1 Ramadan hingga 1 Syawal akan tampil.

Baca Juga: Dewan Masjid Indonesia: Dianjurkan Salat Tarawih di Rumah

Topik:

  • Aan Pranata
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya