Inflasi Makassar Terkendali di Bawah 4 Persen, Danny: Sesuai Target

Tingkat inflasi Kota Makassar 3,49 persen pada Juli 2023

Makassar, IDN Times - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat inflasi di Kota Makassar pada Juli 2023 sebesar 3,49 persen (year on year). Sedangkan tingkat inflasi month to month (mtm) 0,08 persen.

"Alhamdulillah angkanya terkendali," kata Kepala BPS Kota Makassar Syahrir Wahab dalam keterangan yang diterima, Rabu (9/8/2023).

Baca Juga: Danny Pomanto Copot Sejumlah Lurah Gara-gara Kabel Udara

1. Danny sebut tingkat inflasi tak terlepas dari upaya pengendalian harga

Inflasi Makassar Terkendali di Bawah 4 Persen, Danny: Sesuai TargetIlustrasi. Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto. IDN Times/Asrhawi Muin

Wali Kota Makassar M. Ramdhan Pomanto menyebut pengendalian inflasi di wilayahnya sesuai target. Pengendalian inflasi disebabkan berbagai aspek dan berbagai pihak.

Danny -sapaan Ramdhan- mencontohkan, Dinas Perdagangan dan Perusahaan Daerah Pasar yang rutin menggelar operasi pasar. Sehingga harga-harga pangan terkendali. Selain itu ada upaya pemantauan harian dalam menjaga lonjakan harga bahan-bahan kebutuhan pokok.

"Insyaallah kita targetkan inflasi sekitar 3 persen, kalau sudah di bawah 4 persen itu maka dapat terkendali secara utuh," ucapnya.

2. Pemkot Makassar upayakan intervensi laju inflasi

Inflasi Makassar Terkendali di Bawah 4 Persen, Danny: Sesuai Targetilustrasi inflasi (IDN Times/Aditya Pratama)

Danny melanjutkan, Pemkot Makassar mengupayakan berbagai langkah intervensi guna mengendlikan inflasi. Di antaranya lewat program prioritas Lorong Wisata yang mampu memberdayakan masyarakat dan membuat ketahanan pangan makin kuat.

Pada lorong-lorong wisata, Pemkot gencar mencanangkan gerakan menanam satu juta polybag. Diharapkan, dari lorong-lorong, tumbuh kemandirian pangan yang bisa ikut mencegah melonjaknya harga-harga.

3. Pemicu inflasi di Makassar

Inflasi Makassar Terkendali di Bawah 4 Persen, Danny: Sesuai TargetIlustrasi bahan pangan pokok. (IDN Times/Asrhawi Muin)

Berdasarkan hasil pemantauan BPS Kota Makassar, pada Juli 2023 terjadi inflasi yoy 3,49
persen atau terjadi kenaikan Indeks Harga Konsumen (IHK) dari 112,22 pada Juli 2022
menjadi 116,14 pada Juli 2023. Tingkat Inflasi Kota Makassar mtm Juli 2023 sebesar 0,08
persen dan tingkat inflasi ytd Juli 2023 sebesar 1,71 persen.

Dari siaran pers BPS diketaui, inflasi di Kota Makassar terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran. Yaitu, kelompok makanan, minuman dan tembakau sebesar 4,01 persen; kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 1,92 persen; kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 1,05 persen; kelompok perlengkapan, peralatan dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 2,16 persen.

Berikutnya, kelompok kesehatan sebesar 1,24 persen; kelompok transportasi sebesar 10,60 persen; kelompok informasi, komunikasi dan jasa keuangan sebesar 0,07 persen; kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya sebesar 1,38 persen; kelompok pendidikan sebesar 2,47 persen; kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 2,34 persen; kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 3,52 persen.

Komoditas yang dominan memberikan andil/sumbangan inflasi yoy pada Juli 2023, antara
lain: bensin, beras, telur ayam ras, rokok kretek filter, ikan layang/ ikan benggol, udang basah, tarif kendaraan roda 2 online, ikan cakalang/ ikan sisik, bawang putih, tarif kendaraan roda 4 online, kontrak rumah dan angkutan dalam kota. Sementara komoditas yang memberikan andil/sumbangan deflasi yoy, antara lain: cabai rawit, bawang merah, minyak goreng, tomat, cabai merah, pepaya, baju muslim wanita , ikan baronang, kemeja panjang katun pria, kelapa, apel dan terong.

Baca Juga: Job Fair 50 Perusahaan di Makassar, Buka Peluang untuk 2.100 Formasi 

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya