Comscore Tracker

Hitung Sementara Pilkada Makassar: Danny-Fatma Unggul 6,2 Persen

Pantau terus Hasil Hitung Pilkada Makassar di sini

Makassar, IDN Times - Pasangan calon Mohammad Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi unggul sementara di Pilkada Makassar, pada menu Hitung Suara melalui Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) KPU. Perolehan suara mereka sejauh ini sebesar 41,1 persen.

Per Kamis (10/12/2020) pukul 8.23 Wita, sudah masuk data suara pada 945 tempat pemungutan suara (TPS), atau 39,4 persen dari total 2.394 TPS di Makassar.

Menurut data Sirekap, Danny-Fatma unggul 6,2 persen atas pesaing terdekatnya, Munafri Arifuddin-Abdul Rahman Bando, yang mengumpulkan 34,9 persen suara. Calon lain, Syamsu Rizal-Fadli Ananda meraih 19,1 persen suara, dan Irman Yasin Limpo-Andi Zunnun Armin 4,9 persen suara.

Baca Juga: Danny-Fatma Menang Pilkada Makassar karena Lebih Populer

1. Dany-Fatma unggul di 13 kecamatan

Hitung Sementara Pilkada Makassar: Danny-Fatma Unggul 6,2 PersenBapaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto dan Farma Rusdi saat mendeklarasikan diri di atas kapal Pinisi di Pantai Losari, Kamis (3/9/2020). IDN Times/Istimewa

Menurut penghitungan sementara itu, perolehan suara Danny-Fatma atau kerap disapa Adama unggul di 13 dari 15 kecamatan se-Makassar. Perolehan suara mereka cuma kalah oleh Appi-Rahman di Kecamatan Tamalate dan Manggala.

Sebagian besar data TPS masuk ke Sirekap. Dari 15 kecamatan, baru Kecamatan Biringkanaya yang mencapai 54,60 persen. Sedangkan yang terendah di Kecamatan Panakkukang, yaitu 19,66 persen.

Kamu bisa memantau hasil Hitung Sementara Pilkada Makassar melalui Sirekap di laman ini.

2. Data Sirekap bukan hasil resmi pilkada

Hitung Sementara Pilkada Makassar: Danny-Fatma Unggul 6,2 PersenIlustrasi pilkada serentak (IDN Times/Mardya Shakti)

Pada laman KPU, ditekankan bahwa data yang ditampilkan menu Hitung Suara di Sirekap bukan hasil remi penghitungan perolehan suara. Penetapan hasil rekapitulasi di pilkada akan digelar secara berjenjang dalam rapat pleno terbuka mulai dari tingkat kecamatan hingga kabupaten/kota.

Menu Hitung Suara adalah data yang dikumpulkan dari foto hasil rekapitulasi tingkat TPS, yang dikirim melalui Sirekap.

Komisioner KPU Makassar Gunawan Mashar mengatakan rekapitulasi tingkat kecamatan akan dimulai pada Jumat besok, 11 Desember 2020. “InsyaAllah, mudah-mudahan lancar hingga penetapan (pemenang),” katanya kepada wartawan, Rabu 9 Desember 2020.

3. Danny-Fatma unggul menurut tiga hasil quick count

Hitung Sementara Pilkada Makassar: Danny-Fatma Unggul 6,2 PersenQuick count Pilkada Makassar versi LSI Denny JA. IDN Times/Aan Pranata

Sebelumya diberitakan, pasangan calon Mohammad Ramdhan "Danny" Pomanto - Fatmawati Rusdi diunggulkan lewat hasil hitung cepat atau quick count Pilkada Makassar 2020. Tiga lembaga survei menempatkan Danny-Fatma sebagai peraih suara terbanyak.

Menurut Lingkar Survei Indonesia (LSI) Denny JA, pasangan dengan akronim Adama itu meraih 41,38 persen suara. Berdasarkan quick count Jaringan Suara Indonesia (JSI), Danny-Fatma unggul dengan perolehan 40,66 persen. Sedangkan pada hitung cepat Celebes Research Center (CRC), perolehan suara di angka 41,21 persen.

“Pemenang Pilkada Makassar 2020 versi quick count kali ini adalah Danny Pomanto dan pasangannya Fatmawati Rusdi," kata peneliti LSI Denny JA, Hanggoro Doso, pada konferensi pers di Hotel Claro Makassar, Rabu petang.

Baca Juga: Danny Ingin Rangkul Semua Paslon di Pilkada Makassar, Termasuk Appi

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya