Gubernur Sudirman dan Mentan SYL Salat Id di Masjid Kubah 99

Jemaah memadati pelataran Masjid Kubah 99 Asmaul Husna

Makassar, IDN Times - Ribuan orang memadati pelataran Masjid Kubah 99 Asmaul Husna di kawasan reklamasi Center Point of Indonesia (CPI), untuk salat Idul Fitri, Senin (2/5/2022).

Di antara jemaah, hadir Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman beserta keluarga. Mereka mengenakan pakaian serba putih.

Salat Id turut dihadiri Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, pejabat lingkup Pemerintah Provinsi Sulsel, dan unsur Forkopimda Sulsel.

Baca Juga: THR, TPP, dan Bonus 10 Persen ASN Sulsel Cair Jelang Lebaran

1. Sudirman senang dengan antusiasme masyarakat

Gubernur Sudirman dan Mentan SYL Salat Id di Masjid Kubah 99Salat Id di pelataran Masjid Kubah 99 Asmaul Husna Makassar. (Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Andi Sudirman menyatakan bersyukur karena tahun ini bisa melaksanakan Salat Id bersama masyarakat. Dia senang dengan antusiasme masyarakat, usai pelaksanaan Salat Id berjemaah ditiadakan dua tahun terakhir karena pandemik COVID-19.

"Atas nama pribadi, keluarga dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, kami mengucapkan Taqobbalallahu Minna Wa Minkum. Jadikan Hari Raya Idul Fitri 1443 ini, menjadikan lebaran yang aman dan sehat mencapai derajat taqwa," kata Andi Sudirman.

2. Masjid Kubah 99 mulai digunakan tahun ini

Gubernur Sudirman dan Mentan SYL Salat Id di Masjid Kubah 99Salat Id di pelataran Masjid Kubah 99 Asmaul Husna Makassar. (Dok. Humas Pemprov Sulsel)

Masjid Kubah 99 Asmaul Husna diresmikan Gubernur Andi Sudirman pada Maret 2022 lalu. Masjid itu pun mulai digunakan masyarakat untuk beribadah, termasuk salat tarawih berjemaah di bulan Ramadan.

Salat Id di pelataran Masjid Kubah 99 Asmaul Husna dipimpin imam masjid setempat Abdul Azid bin Abubakar. Bertindak sebagai khatib, Mufassir Arib, pimpinan pusat pondok pesantren Darul Istiqamah Maccopa Maros, dengan teman khutbah "Mengumpulkan Bekal Menuju Negeri yang Kekal".

Masyarakat pun senang dengan pelaksanaan Salat Id di pelataran Masjid ikonik di Sulsel itu. 

“Alhamdulillah, bisa Salat Ied di sini, tahun ini juga kita kemarin melaksanakan Salat Tarawih di Masjid Kubah 99 Asmaul Husna. Masjidnya sangat cantik,” kata salah seorang jemaah Salat Id, Lisa.

3. Tidak ada open house tahun ini

Gubernur Sudirman dan Mentan SYL Salat Id di Masjid Kubah 99Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. IDN Times/Istimewa

Tahun ini pemerintah pusat mengeluarkan larangan bagi pejabat maupun aparatur sipil negara (ASN) menggelar open house dan halal bihalal di momen lebaran. Larangan itu dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19.

Gubernur Andi Sudirman juga mengikuti larangan tersebut dengan tidak menggelar open house. Demikian juga kepala daerah lain di Sulsel, misalnya Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto. 

Baca Juga: 10 Potret Masjid 99 Kubah di Makassar, Arsitektur Bangunannya Megah

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya