Comscore Tracker

Gerhana Matahari Cincin Melintas 26 Desember, Bagaimana di Makassar?

Fenomena ini bisa disaksikan di 25 daerah di 7 provinsi

Makassar, IDN Times - Fenomena Gerhana Matahari Cincin bakal terjadi pada Rabu, 26 Desember 2019. Ini merupakan peristiwa terhalangnya hampir semua bagian tengah matahari oleh bulan, sehingga cahaya matahari akan terlihat seperti cincin dari bumi.

Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika matahari, bulan, dan bumi tepat berada satu garis. Saat itu, piringan bulan yang teramati dari bumi lebih kecil dari piringan matahari. Sehingga saat puncak gerhana, matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengah dan terang pada pinggirannya.

Gerhana Matahari Cincin bakal melintasi wilayah Indonesia. Bagaimana dengan Makassar? Berikut penjelasan Joharman, Kepala Bidang Obvservasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar kepada IDN Times, Minggu (22/12).

1. Ada 25 di 7 provinsi yang dilintasi fase cincin

Gerhana Matahari Cincin Melintas 26 Desember, Bagaimana di Makassar?www.earthsky.org

Menurut prakiraan BMKG, ada 25 kabupaten/kota di tujuh provinsi yang bakal dilintasi fase Gerhana Matahari Cincin. Artinya, masyarakat di sana bisa melihat objek cincin secara penuh.

Daerah tersebut, masing-masing, Sinabang dan Singkil di Aceh; Sibolga, Pandan, Tarutung, Padang Sidempuan, Sipirok, Gunung Tua, dan Sibuhuan di Sumatera Utara; Pasir Pengaraian, Dumai, Bengkalis, Siak Sri Indrapura, Selat Panjang di Riau.

Berikutnya, Tanjung Pinang, Tanjung Balai Karimun, Batam, dan Bandar Seri Bentan di Kepulauan Riau; Mempawah, Singkawang, Sambas, Bengkayang, Putussibau di Kalimantan Barat; Tanjungredep di Kalimantan TImur; serta Tanjungselor di Kalimantan Utara.

2. Masyarakat Makasar hanya bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian

Gerhana Matahari Cincin Melintas 26 Desember, Bagaimana di Makassar?Dua orang tengah membaca koran IDN Times dengan latar belakang foto Masjid 99 Kubah di CPI Makassar/Irwan Idris

Gerhana yang teramati dari Sulawesi Selatan, termasuk Makassar, adalah Gerhana Matahari Sebagian. Fase yang bisa diamati hanya Kontak Pertama, Puncak Gerhana, dan Kontak Keempat.

Secara umum, gerhana di Sulsel akan dimulai pukul 12.26 Wita, puncak gerhana pada pukul 14.15 Wita, dan berakhir pukul 15.47 Wita.

“Durasi gerhana yang teramati di Sulawesi Selatan rata-rata adalah 3 jam 21 menit,” ucap Joharman.

Kalau kamu ingin menyaksikan gerhana matahari cincin, BMKG bakal menyiarkan secara langsung pengamatannya. Siarannya bisa kamu tonton di laman bmkg.go.id/GMC.

Baca Juga: Puncak Supermoon, Masyarakat Pesisir Diimbau Waspada Rob

3. Gerhana Matahari Cincin bakal melintas Sulawesi tahun 2031

Gerhana Matahari Cincin Melintas 26 Desember, Bagaimana di Makassar?Wikimedia Commons

Joharman menjelaskan, terjadinya Gerhana Matahari Cincin di suatu lokasi dapat diprediksi. GMC sebelumnya yang dapat diamati di Indonesia terjadi pada 22 Agustus 1998, yang melintasi Sumatera bagian Utara dan Kalimantan bagian Utara. Lalu pada 26 Januari 2009, saat jalur cincin melintasi Sumatera bagian selatan dan Kalimantan.

GMG selanjutnya diperkirakan terjadi pada 21 Mei 2013, yang dapat diamati di Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku. Lalu pada 14 Oktober 2042, diperkirakan GMC dengan jalur cincin melewati Kalimantan, Sulawesi, dan Nusa Tenggara Timur.

"Peristiwa tersebut tidak berulang di lokasi yang sama dengan siklus tertentu," ucap Joharman.

Baca Juga: 10 Peristiwa Langit Selama Desember 2019 yang Wajib Kamu Saksikan!

Topic:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya