F8 Makassar Masuk Top 10 Kharisma Event Nusantara 2022

F8 jadi ajang promosi wisata besar-besaran Makassar

Makassar, IDN Times - Makassar International Eight Festival and Forum atau F8 menjadi 10 agenda utama Kharisma Event Nusantara (KEN) di tahun 2022. KEN merupakan program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) untuk membangkitkan geliat event di daerah.

F8 festival wisata yang rutin digelar wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto sejak tahun 2018. Namun dua tahun terakhir F8 ditiadakan karena situasi pandemik COVID-19. Wali Kota Danny menyatakan bersyukur agenda itu bisa kembali digelar tahun ini.

"InsyaAllah F8 bisa kembali hadir untuk mendorong pertumbuhan UKM-UKM di Kota makassar," kata Danny pada siaran pers yang dikutip, Kamis (3/3/2022).

Selain F8 Makassar, Top 10 KEN 2022 masing-masing: Aceh Culinary Festival, Jakarta Dessert Week, Indonesia Contemporary Art & Design, Keuken, Festival Payung Indonesia, Sumonar, Ngayogjazz, East Java Fashion Harmony, dan Bali Spirit Festival.

Baca Juga: Tren Kasus COVID-19 di Makassar Mulai Menurun

1. KEN 2022 berisi daftar 110 event pariwisata

F8 Makassar Masuk Top 10 Kharisma Event Nusantara 2022Ilustrasi Pariwisata (IDN Times/Arief Rahmat)

Kharisma Event Nusantara atau yang lebih dikenal dengan sebutan (KEN) merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf dengan pemerintah daerah melalui penyelenggaraan event berkualitas.

Dalam acara peluncuran "Kharisma Event Nusantara 2022" di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (1/3/2022), Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan bahwa KEN 2022 bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata, meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan dengan prinsip berkelanjutan. 

"KEN 2022 ini adalah wadah kumpulan event-event berkualitas dari seluruh Indonesia. Kami bangga sekarang kita menancapkan tongkat penting serta harapan baru bagi kebangkitan industri event tanah air, sekaligus juga mendukung keinginan Indonesia sebagai destinasi event," kata Sandiaga.

Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 diawali dengan proses kurasi. Setiap tahapan kurasi bertujuan untuk menyaring dan mendapatkan event-event yang berkualitas. Kemenparekraf menerima 319 usulan event dari 34 provinsi. Dan pada akhirnya, terpilih 110 Kharisma Event Nusantara 2022 yang terdiri dari Top 10 KEN serta 100 Event KEN 2022 dari 34 provinsi di Indonesia.

"Kemenparekraf siap membantu dalam program pendampingan, monitoring, konsultasi, dalam upaya event-event berkualitas pada saat penyelenggara ini bisa naik kelas," ujar Sandiaga.

2. Pemkot Makassar berencana gelar F8 di bulan September

F8 Makassar Masuk Top 10 Kharisma Event Nusantara 2022indonesiakaya.com

Direktur Utama PT Festival 8 Indonesia, Wawan mengatakan terpilihnya F8 sebagai Top 10 KEN 2022 tidak terlepas dari kerja sama yang apik dengan Pemerintah Kota Makassar. Padahal, pihaknya sebagai pelaksana baru sekadar menawarkan konsep untuk pelaksanaan tahun ini.

"Dukungan penuh dari pak Wali Kota Makassar melalui Dinas Pariwisata ini menghantarkan F8 masuk ke Top 10 KEN," kata Wawan.

F8 terpilih setelah melewati beberapa tahap seleksi penilaian. Ada lima aspek utama dalam pemilihan KEN 2022, pertama adalah aspek ide dan potensi inovasi; kedua aspek pengembangan ekonomi kreatif; ketiga aspek event management; keempat aspek seni pertunjukan dan budaya; serta kelima aspek strategi komunikasi dan media.

"Jadi dari 319 event kita lolos masuk 10 besar. Ini penilaian sudah berjalan dari bulan Januari," ucapnya.

3. F8 kenalkan pariwisata dan budaya Makassar

F8 Makassar Masuk Top 10 Kharisma Event Nusantara 2022Pesepeda melintas di area Pantai Losari saat matahari terbenam di Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (1/5/2020). (ANTARA FOTO/Arnas Padda)

Pemkot Makassar pertama kali menggelar festival F8 pada tahun 2016. Agenda itu diharapkan mendatangkan wisatawan baik dalam dan luar negeri.

F8, secara umum menampilkan delapan unsur pertunjukan yang penuh sensasi. Seperti namanya, terdiri dari 8F, di antaranya fashion, film, folk, flora & fauna, fine art, fussion music, fiction writer, dan font.

Sejumlah hiburan pertunjukan dan pameran memeriahkan hajatan yang disebut sebagai ajang promosi wisata besar-besaran kota Makassar.

Baca Juga: 9 Pesona Pulau Samalona, Wisata Primadona di Selat Makassar

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya