Comscore Tracker

DPRD Minta Pemprov Sulsel Tetap Gandeng YOSS untuk Kelola Mattoanging

Gubernur pernah menyebut YOSS tidak berkontribusi apa-apa

Makassar, IDN Times - DPRD Sulawesi Selatan bakal meminta Pemerintah Provinsi melibatkan Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) dalam pengelolaan Stadion Mattoanging Makassar. Sebelumnya YOSS menggugat Pemprov di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), karena menganggap hak pengelolaannya atas sarana di kompleks stadion dicabut sepihak.

Pengelolaan Stadion Mattoanging berpolemik di tengah agenda renovasi yang direncanakan Pemprov Sulsel. Renovasi dianggarkan multitahun, dengan biaya awal Rp190 miliar lebih yang berasal dari APBD Sulsel tahun 2020.

Ketua Komisi E Rusdin Tabi mengatakan, DPRD segera mengagendakan rapat untuk mempertemukan Pemprov dengan YOSS. Pihaknya akan mendorong Pemprov untuk tetap menggandeng YOSS, yang telah mengelola kompleks Stadion Mattoanging sejak tahun 1985. Dia berharap ada titik temu dalam pertemuan nanti.

“Yang kita inginkan, Pemprov jangan meninggalkan YOSS. Saya bilang, jangan dulu dimulai (renovasi) kalau kita belum duduk bersama-sama,” kata Rusdin di Makassar, Kamis (9/1).

Baca Juga: Sengketa Stadion Mattoanging, YOSS Gugat Pemprov Sulsel

1. Renovasi stadion jangan sampai menyisakan kegaduhan

DPRD Minta Pemprov Sulsel Tetap Gandeng YOSS untuk Kelola MattoangingRapat Komisi E DPRD Sulsel. IDN Times/Aan Pranata

Pemprov Sulsel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga, segera membuka lelang manajemen konstruksi untuk proyek renovasi Stadion Mattoanging.  Anggarannya disetujui lewat APBD dan melewati tahap asistensi di Kementerian Dalam Negeri.

Rusdin menyatakan DPRD mendukung upaya Pemprov menghadirkan stadion atau sarana olahraga yang representatif. Namun rencana itu diharapkan tidak merugikan pihak mana pun.

“Kita mau stadionnya megah, tapi tidak mau sampai menyisakan kegaduhan. Padahal pihak YOSS tidak banyak minta, hanya berharap tidak ditinggalkan,” ucap Rusdin.

2. Dewan pertanyakan kesiapan Pemprov hadapi gugatan hukum

DPRD Minta Pemprov Sulsel Tetap Gandeng YOSS untuk Kelola MattoangingDesain awal renovasi Stadion Mattoanging Makassar. Dok. IDN Times/Istimewa

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD Sulsel Darmawangsa Muin mengatakan, DPRD ingin mengetahui sejauh mana persiapan Pemprov melaksanakan renovasi Stadion Mattoanging. Dia menilai penting mengetahui langkah-langkah yang tengah ditempuh jelang renovasi sebab dana yang dianggarkan sudah disetujui masuk ke APBD.

Kedua, kata Darmawangsa, DPRD akan meminta Pemprov Sulsel menjelaskan kesiapan soal hukum. Dewan ingin memastikan gugatan yang tengah berproses di PTUN tidak mengganggu agenda renovasi.

“(Gugatan) itu bukan hal yang biasa. Tentu kita harus sangat siap menghadapi semua itu,” ucap Darmawangsa.

3. Gubernur menganggap YOSS tidak berkontribusi ke Pemprov

DPRD Minta Pemprov Sulsel Tetap Gandeng YOSS untuk Kelola MattoangingGubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah. IDN Times/Asrhawi Muin

Sebelumnya Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah menegaskan Stadion Mattoanging sebagai aset pemerintah daerah. YOSS yang mengelola sarana tersebut selama puluhan tahun, dianggap tidak memberikan kontribusi pemasukan kepada pemerintah.

"Kalau kontribusinya ada kan kita bisa bicara, ‘Pak apa sih salahnya YOSS, kok harus diputus’ (padahal) selama ini kan nggak ada apa-apa," kata Nurdin pada 7 November 2019.

Baca Juga: Digugat YOSS, Gubernur Sulsel Siapkan Bukti Kepemilikan Mattoanging

Topic:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya