Dor! Polisi Tembak Spesialis Pelaku Curanmor di Makassar  

Disebut residivis dan terlibat sejumlah kasus pencurian

Makassar, IDN Times - Petugas Unit Resmob Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan, Jumat (13/9) menangkap dua orang diduga spesialis pelaku pencurian sepeda motor di Kota Makassar. Salah satu pelaku ditembak karena disebut berupaya melarikan diri.

Pelaku ditangkap di Jalan Kerung-kerung, Kecamatan Makassar, Jumat pagi. Mereka masing-masing Panja Jaya Putra, 21 tahun, dan Asriasi alias Aco, 25. Kedua pelaku diketahui merupakan warga Jalan Maccini, Kecamatan Makassar, yang dicari terkait kasus pencurian sepeda motor di Kecamatan Tallo.

"Telah diamankan pelaku tindak pidana residivis curanmor dan door to door. Barang buktinya satu unit sepeda motor Honda Beat warna merah," kata Kepala Bidang Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani kepada wartawan di Makassar, Sabtu (14/9).

1. Dua pelaku ditangkap terpisah

Dor! Polisi Tembak Spesialis Pelaku Curanmor di Makassar  Pixabay.com/ROOKIE23

Dicky mengungkapkan, petugas Resmob Polda Sulsel mengetahui identitas dua terduga pelaku berdasarkan informasi yang dihimpun dari hasil penyelidikan. Saat dideteksi keberadaan salah satu orang di Jalan Kerung-kerung, aparat langsung bergegas ke sana.

Polisi lebih dulu menangkap Asriadi alias Aco di tempat persembunyiannya. Setelah menghimpun keterangan Aco, Polisi kemudian menangkap Panca tak jauh dari lokasi tersebut. Keduanya langsung digelandang ke posko Resmob Polda Sulsel untuk diinterogasi lebih lanjut. 

Baca Juga: Curi Laptop Warga Pinrang, TNI Gadungan Diringkus Timsus Polda Sulsel 

2. Salah satu pelaku sempat berupaya kabur

Dor! Polisi Tembak Spesialis Pelaku Curanmor di Makassar  IDN Times/Aan Pranata

Polisi, kata Dicky, sempat membawa dua diduga pelaku dalam pengembangan penyelidikan. Mereka diminta menunjukkan lokasi mana saja yang pernah ditempati mencuri sepeda motor. Namun di salah satu tempat, Panca disebut memberontak melawan petugas dan berupaya melarikan diri.

Polisi mengeluarkan tembakan peringatan tiga kali, tapi menurut Dicky, tidak diindahkan oleh diduga pelaku. Polisi pun menembak pelaku, masing-masing satu kali di betis dan paha kanan.

"Pelaku dibawa ke Rumah Sakit Bhayangkara untuk diberi pertolongan medis. Selanjutnya pelaku serta barang bukti diserahkan ke Polsek Tallo untuk proses hukum lebih lanjut," 

3. Pelaku akui pencurian sepeda motor di empat lokasi

Dor! Polisi Tembak Spesialis Pelaku Curanmor di Makassar  IDN Times/Istimewa

Kepada penyidik, dua diduga pelaku mengakui pernah mencuri sepeda motor di beberapa lokasi di Kota Makassar. Dicky menyebutkan empat di antaranya.

Pencurian, antara lain Honda Beat merah di Jalan Pongtiku pada Agustus 2019. Honda Beat biru di Jalan Urip Sumoharjo sekitar Juli 2019. Lalu Honda Vario hitam di Jalan Langgau, Juli 2019, serta Yamaha Mio Spory warna putih di Jalan Maccini, sekitar Juni 2019.

Baca Juga: Polda Sulsel Tangkap Siswa SMK Peretas Admin Grup Facebook  

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya