Ditutup, Pendaftar Seleksi CPNS Kemenag Sulsel Capai 14 Ribu Orang

Formasi guru paling diminati

Makassar, IDN Times - Kementerian Agama menutup pendaftaran seleksi calon pegawai neger sipil (CPNS) tahun 2019, Sabtu (30/11). Pendaftaran dibuka selama 15 hari, sejak 15 November lalu.

Jelang penutupan, Sabtu (30/11) pukul 14.00 Wita, jumlah pendaftar di lingkup Kantor Wilayah Kemenag Sulawesi Selatan mencapai 14.008 orang. Pendaftaran secara daring ditutup pukul 19.00 Wita.

"Tim verifikasi penerimaan CPNS terus melakukan verifikasi berkas para pelamar melalui laman SSCN," kata Kepala Sub Bagian Ortala dan Kepegawaian Kanwil Kemenag Sulsel H Burhanuddin di Makassar, Sabtu (30/11).

Baca Juga: Instansi dan Formasi CPNS 2019 Ini Masih Sepi Peminat, Daftar Yuk!

1. Kemenag Sulsel buka 193 formasi CPNS

Ditutup, Pendaftar Seleksi CPNS Kemenag Sulsel Capai 14 Ribu OrangIDN Times/Larasati Rey

Kementerian Agama mengumumkan rincian alokasi formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) tahun 2019. Dari total 5.815 formasi, Kantor Wilayah Kemenag Sulawesi Selatan dapat jatah 193 orang.

Seleksi CPNS di Kemenag Sulsel terbuka dengan sembilan posisi jabatan. Formasi didominasi ahli pertama dengan posisi guru. Alokasi terbanyak, yakni 14 orang, untuk jabatan ahli pertama - guru bahasa Indonesia. Posisi ini dibuka dengan rincian sembilan umum dan lima lulusan terbaik.

Formasi juga tersedia untuk jabatan selain guru. Misalnya, ahli pertama - analis kepegawaian, penyuluh agama, penghulu, perencana, pranata komputer, pustakawan, hingga analis hukum.

2. Analis produk hukum paling sepi peminat

Ditutup, Pendaftar Seleksi CPNS Kemenag Sulsel Capai 14 Ribu Orang(Ilustrasi) IDN Times/Sukma Shakti

Dari seluruh formasi yang dibuka, Kemenag mencatat pendaftar terbanyak untuk posisi guru bahasa Inggris. Hingga jelang penutupan, jumlah pendaftar mencapai 1.241 orang.

Sebaliknya, posisi produk analis hukum paling sepi peminat. "Pendaftarmya 15 orang," ucap Burhanuddin.

3. Pendaftar bakal diberi masa sanggah

Ditutup, Pendaftar Seleksi CPNS Kemenag Sulsel Capai 14 Ribu OrangANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Pada seleksi CPNS tahun ini, peserta tidak mengirimkan berkas pendaftaran. Peserta cukup mengunggah berkas sesuai persyaratan lewat Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) di laman Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Direktur Pengolahan Data dan Informasi Kepegawaian BKN, Heni Sri Wahyuni, menyampaikan hal terbaru yang ada pada penerimaan CPNS tahun 2019, adalah adanya masa sanggah. Ini merupakan waktu yang diberikan kepada pelamar untuk melakukan sanggahan terhadap pengumuman hasil seleksi administrasi.

Dijelaskan, pelamar yang tidak lulus seleksi administrasi dan merasa bahwa yang bersangkutan telah mengunggah berkas sesuai ketentuan, diberi waktu tiga hari untuk melakukan sanggahan melalui sistem SSCN yang akan ditanggapi oleh instansi dalam waktu 7 hari.

Baca Juga: Ini Posisi Paling Diminati Para CPNS Pemkot Makassar  

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya