Comscore Tracker

Danny Pomanto Positif COVID-19 dengan Gejala Demam

Vaksinasi dosis lengkap membuat nilai CT-nya tinggi

Makassar, IDN Times - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto mengumumkan dirinya positif COVID-19. Hasil itu diperoleh dari tes swab RT-PCR.

Danny, pada video yang dia bagikan, Selasa (8/2/2022) mengatakan, dia mengalami demam dan merasakan keluhan berat di tenggorokan. Saat itu dia menjalani tes COVID-19.

"Dan hasilnya, Senin malam kami terkonfirmasi positif," kata Danny lewat video tersebut.

Baca Juga: Picu Kerumunan, Penyelenggara Konser di Makassar Masuk Daftar Hitam

1. Danny sudah dua kali terpapar COVID-19

Danny Pomanto Positif COVID-19 dengan Gejala DemamIlustrasi Pemeriksaan Reverse Transcription Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). (dok. Naraya Medical Centre)

Danny mengungkapkan, ini merupakan kali kedua dia terpapar COVID-19. Namun kondisinya kali ini berbeda, sebab dia sudah menerima suntikan vaksinasi dosis lengkap.

Danny mengatakan, saat pertama kali positif COVID-19, nilai CT (cycle threshold) pada tes PCR-nya rendah. Sedangkan usai vaksinasi, nilai CT lebih tinggi.

"Pertama 13, kali ini 33," kata Danny.

Nilai CT secara sederhana menggambarkan jumlah siklus dalam deteksi virus. Makin rendah nilai CT, kemungkinan besar makin tinggi pula viral load alias jumlah virus dalam tubuh. 

2. Warga Makassar diimbau segera lengkapi dosis vaksinasi

Danny Pomanto Positif COVID-19 dengan Gejala DemamIlustrasi vaksinasi (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Danny mengimbau warga Makassar melengkapi suntikan vaksinasi dosis lengkap. Dia juga menganjurkan suntikan booster. Imbauan itu seiring tren penambahan kasus harian COVID-19 yang terus meningkat di Kota Makassar karena di tengah merebaknya varian Omicron.

"Itu (vaksinasi) satu-satunya yang mampu menahan laju gelombang ketiga COVID-19 di Kota Makassar," kata Danny.

3. Pelayanan publik dan pemerintahan berjalan normal

Danny Pomanto Positif COVID-19 dengan Gejala DemamWali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat konferensi pers terkait progres program Makassar Recover di Balaikota Kota Makassar, Senin (31/5/2021). IDN Times/Asrhawi Muin

Danny mengatakan, pemerintahan dan pelayanan publik di Kota Makassar tetap berjalan normal. Untuk sementara, pimpinan diambil alih Wakil Wali Kota Fatmawati Rusdi.

Namun Danny untuk sementara menghentikan kebiasaannya menerima tamu di kediaman pribadi. Selama ini, dia kerap menerima kedatangan warga yang mengeluhkan pelayanan publik. 

"Kepada saudara-saudaraku yang bertemu kami tiga-empat hari sebelumnya, agar mlakukan testing, baik di puskesmas terdekat maupun secara mandiri," Danny mengatakan.

Baca Juga: Punya Kriteria Calon Kepala Otorita IKN, Danny Pomanto Enggan Kepedean

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya