Comscore Tracker

Daftar 13 Atlet Sulsel Peraih Medali SEA Games

Dispora Sulsel mengusulkan bonus bagi para peraih medali

Makassar, IDN Times - Sebanyak 13 atlet asal Sulawesi Selatan menyumbangkan medali emas untuk Indonesia di ajang olahraga SEA Games 2021 di Vietnam.

Para atlet menyumbangkan medali, baik emas, perak, maupun perunggu, lewat berbagi cabang olahraga. Di antaranya karate, dayung, takraw, sepak bola, angkat besi, hingga futsal.

Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman mengapresiasi dan menyampaikan ucapan selamat bagi para atlet yang berprestasi. Mereka disebut mengharumkan nama Indonesia, khususnya Sulsel.

"Atas nama Pemerintah dan masyarakat Sulawesi Selatan mengucapkan selamat dan kami merasa bangga atas raihan prestasi para atlet kita di event olahraga SEA Games 2021 di Vietnam. Kalian menjadi kebanggaan seluruh masyarakat di Indonesia, dan di Sulsel pada khususnya,” kata Andi Sudirman, di laman Pemprov Sulsel, Senin (23/5/2022).

Baca Juga: Pecahkan Rekor, Lifter Rahmat Erwin Raih Emas SEA Games

1. Atlet Sulsel menyumbang enam medali emas

Daftar 13 Atlet Sulsel Peraih Medali SEA GamesTrio karateka Sulsel meraih medali emas di SEA Games Vietnam. (Dok. Istimewa)

Atlet Sulsel menyumbang enam medali emas di SEA Games 2021. Dua di antaranya diraih Sulfianto di cabang olahraga dayung. Di cabor yang sama, pedayung legendaris Anwar Tarra turut mendapatkan satu medali emas.

Di cabor karate, trio Sulsel yang mewakili Indonesia mengukuhkan diri sebagai yang terbaik di nomor kata beregu putra. Mereka masing-masing, Andi Dasril Dwi Darmawan, Andi Tomy Aditya Mardana, dan Albiadi.

Peraih medali perunggu di Olimpiade Tokyo 2020, Rahmat Erwin Abdullah, mempertahankan medali emas di cabang olahraga angkat besi. Dia mengulangi prestasinya di SEA Games 2019 lalu.

Satu medali emas dipersembahkan duo anggota tim sepak takraw Sulsel, M Hardiansyah Muliang dan Rusdi, lewat nomor double putra.

2. Medali terakhir dari Asnawi Mangkualam

Dari cabor dayung, atlet Sulsel turut menyumbangkan satu medali perak lewat Nurtang. Trio sepak takraw, Hardiansyah, Rusdi, dan Andi Trisandi turut mendapatkan satu perak. Sedangkan satu perak lainnya diraih Ardiansyah Nur lewat tim futsal.

Karateka andalan Sulsel Krisda Putri yang turun di nomor kata perorangan putri mengunci satu medali perunggu. Tim karate beranggotakan atlet Sulsel turut menyumbang satu perunggu. Sedangkan satu medali perunggu terakhir disumbangkan Asnawi Mangkualam usai menang lawan Malaysia pada perebutan tempat ketiga cabor sepak bola, Minggu malam (22/5/2022).

3. Pemprov Sulsel siapkan bonus

Daftar 13 Atlet Sulsel Peraih Medali SEA GamesPedayung Sulawesi Selatan, Sulfianto, saat bertanding di cabor dayung canoeing nomor Men's Single Sculls (M1X) yang berlangsung di Teluk Youtefa, Kota Jayapura, Selasa 5 Oktober 2021. (PB PON XX PAPUA / Robertus Pudyanto)

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sulsel, Andi Arwin Azis mengatakan, pihaknya sementara mempersiapkan usulan bonus bagi atlet paraih medali pada ajang Sea Games Vietnam. Bonus akan diusulkan sekaligus setelah pelaksanaan SEA Games.

"Kami sementara menunggu hasil akhir dari pelaksanaan SEA Games. Sehingga pengusulan dilakukan secara sekaligus. Karena pada SEA Games sebelumnya di Manila, Pemprov Sulsel memberikan bonus atlet peraih medali. Diserahkan oleh Gubernur Andi Sudirman Sulaiman yang kala itu masih menjadi Pelaksana Tugas," kata Arwin.

"Bapak Gubernur juga sudah memberikan arahan agar senantiasa memberikan perhatian kepada atlet-atlet yang berprestasi di tingkat nasional maupun internasional," ucap Arwin.

Baca Juga: Klasemen SEA Games 2021: Indonesia Kunci Tiga Besar

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya