Comscore Tracker

[BREAKING] Rudy Djamaluddin Dilantik Jadi Pj Wali Kota Makassar

Yusran Jusuf hanya menjabat selama 43 hari

Makassar, IDN Times – Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah, hari ini, Jumat (26/6) siang melantik Rudy Djamaluddin sebagai Pj Wali Kota Makassar. Rudy resmi menggantikan Yusran Jusuf yang hanya menjabat selama 43 hari.

Pelantikan ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan, di Rumah Jabatan Gubernur, Jalan Sungai Tangka Makassar, pukul 14.00 Wita. Prosesi pelantikan juga diisi dengan penyerahan jabatan dari Yusran kepada Rudy.

Pada acara pelantikan, Rudy hadir mengenakan pakaian dinas berwarna putih. Sedangkan Yusran yang digantikan memakai setelan jas berwarna gelap. Gubernur Nurdin membacakan surat keputusan Menteri Dalam Negeri tertanggal 24 Juni 2020 sebagai dasar pelantikan Pj Wali Kota.

“Pada hari ini, Jumat tanggal 26 Juni 2020, saya Gubernur Sulawesi Selatan, atas nama Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, dengan ini resmi melantik saudara Prof DR Ing. Rudy Djamaluddin sebagai Pj Wali Kota Makassar,” kata Gubernur.

[BREAKING] Rudy Djamaluddin Dilantik Jadi Pj Wali Kota MakassarFacebook Rudy Djamaluddin

Rudy merupakan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemerintah Provinsi Sulsel. Dia juga masih berstatus dosen Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin.

Penggantian pejabat ini tak biasa, sebab Yusran Jusuf hanya menjabat selama satu bulan lebih. Sebelumnya, Makassar juga sempat dipimpin Pj Wali Kota Iqbal Suhaeb, yang menjabat selama satu tahun.

Sebelumnya, Gubernur menyebut penggantian Pj Wali Kota Makassar terkait dengan situasi pandemik COVID-19. Setiap hari jumlah kasus positif di Makassar terus naik, dan jadi episentrum di Sulsel.

“Kami sudah berkonsultasi dengan bapak Mendagri, minta pandangan tentang kondisi Makassar, yang kasus terus naik. Terus, kondisi masyarakat seperti ini dibutuhkan strong leader,” kata Nurdin di rumah jabatan gubernur, di Makassar, Rabu (24/6).

Gubernur menyatakan dia harus menyiapkan strategi, mengingat Makassar yang tanpa wali kota di bawah kendali Pemerintah Provinsi. Dia ingin pandemik segera berakhir, dan penggantian Pj Wali Kota disebut sebagai salah satu langkah yang bakal ditempuh.

“Karena (kalau) pandemik selesai di Makassar, 80 persen masalah COVID-19 selesai di Sulsel. Makanya Pj Wali Kota sangat penting,” ujar Nurdin.

Baca Juga: Pj Wali Kota Makassar Diganti Lagi, Pengamat: Gubernur Kekurangan Arah

Baca Juga: Diganti sebagai Pj Wali Kota Makassar, Yusran: Amanah Bisa Beralih

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya