BI Sulsel Siapkan Uang Tunai Rp4 Triliun untuk Kebutuhan Nataru

Bank Indonesia memastikan kecukupan uang rupiah

Makassar, IDN Times - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan menyiapkan dan menjamin kecukupan uang tunai yang diedarkan di masyarakat, menyambut Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kepala Perwakilan BI Sulsel Causa Iman mengatakan, pada momen Nataru disiapkan persediaan uang tunai sebesar Rp4 triliun. Besarnya penyediaan uang tunai itu sudah memperhitungan banyak faktor.

"Termasuk prakiraan peningkatan aktivitas ekonomi dan perjalanan masyarakat jelang akhir tahun 2022," kata Causa melalui siaran persnya yang dikutip, Jumat (23/12/2022).

Baca Juga: Kemenkes Siapkan 14 Ribu Fasyankes di Jalur Mudik Nataru 

1. Perbankan dijamin mencukupi persediaan uang tunai

BI Sulsel Siapkan Uang Tunai Rp4 Triliun untuk Kebutuhan Nataruilustrasi rupiah (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

BI Sulsel, kata Iman, mendistribusikan uang ke seluruh wilayah Sulsel, termasuk melalui kas titipan. Upaya itu agar perbankan memiliki kecukupan persediaan uang tunai, baik secara jumlah maupun jenis pecahan.

BI Sulsel mewajibkan bank dan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) untuk menjaga ketersediaan uang dengan kualitas baik dan optimal termasuk pada Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

2. Masyarakat diimbau waspadai uang palsu

BI Sulsel Siapkan Uang Tunai Rp4 Triliun untuk Kebutuhan NataruDesain uang Rupiah kertas Tahun Emisi 2022. (Dok. Bank Indonesia)

BI meminta masyarakat selalu mewaspadai risiko uang palsu. Iman mengingatkan agar berhati-hati saat setiap transaksi pembayaran.

Uang palsu bisa dikenali dengan ciri-ciri keaslian uang rupiah. Yakni dengan metode sederhana 3D, dilihat, diraba, dan diterawang.

3. BI dorong penggunaan uang elektronik

BI Sulsel Siapkan Uang Tunai Rp4 Triliun untuk Kebutuhan NataruANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

Dalam rangka mendukung digitalisasi, BI Sulsel juga mendorong masyarakat menggunakan transaksi pembayaran secara non-tunai. Saat ini infrastruktur dan sarana untuk transaksi non-tunai sudah banyak tersedia.

"Termasuk dengan menggunakan uang elektronik, digital banking, maupun QR Indonesia Standard (QRIS)," kata Iman.

Baca Juga: Ada Uang Rupiah Baru, Masa Berlaku Uang Lama Tinggal 3 Tahun Lagi

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya