Besok Sore, Kloter I Embarkasi Makassar Masuk Asrama Haji Sudiang

Semua jemaah berasal dari Kota Makassar

Makassar, IDN Times - Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hasanuddin Makassar akan menyambut jemaah kloter pertama, Sabtu (6/7) petang. Sebanyak 450 calon haji akan masuk Asrama Haji di Sudiang, Makassar, Sulawesi Selatan, sebelum bertolak ke Tanah Suci, Minggu (7/7) petang.

Kloter pertama seluruhnya berasal dari Kota Makassar. Mereka termasuk dari total 1.185 calon haji asal Makassar pada musim haji tahun ini.

"Sesuai jadwal, kloter pertama akan diterima pukul 15.00 Wita," kata Kepala UPT Asrama Haji Sudiang Kementerian Agama Sulsel Iqbal Ismail, Jumat (5/7).

Baca Juga: 18 Ribu Calon Haji Siap Berangkat via Embarkasi Hasanuddin Makassar

1. Jemaah dibekali persiapan final di Asrama Haji

Besok Sore, Kloter I Embarkasi Makassar Masuk Asrama Haji SudiangIDN Times/Aan Pranata

Iqbal menjelaskan, jemaah haji akan berada di Asrama Haji sekitar 24 jam. Selama di asrama, mereka menjalani proses pemeriksaan kesehatan, administrasi, dan kelengkapan. Sedangkan PPIH akan membekali manasik, baik secara teori maupun praktik dengan memanfaatkan berbagai fasilitas.

"PPIH akan memberikan pembinaan khusus kepada ketua regu dan ketua rombongan terkait tugas dan fungsi masing-masing, dalam pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci hingga kembali lagi ke Tanah Air," ucapnya.

2. Setiap kloter didampingi lima orang petugas

Besok Sore, Kloter I Embarkasi Makassar Masuk Asrama Haji SudiangIDN Times/Fitria Madia

Jemaah haji Embarkasi Hasanuddin terbagi dalam 40 kloter, dengan masing-masing berisi 450 calon haji. PPIH akan menyertakan lima orang petugas pendamping di setiap kloter, yang bertugas mendampingi jemaah sejak berangkat ke Tanah Suci hingga pulang ke Indonesia.

Petugas pendamping terdiri dari ketua kloter, pembimbing ibadah, dokter, serta dua orang paramedis. "Kalau setiap kloter ada lima orang, berarti keseluruhan ada 200 orang pendamping," kata Kepala Kanwil Kemenag Sulsel Anwar Abubakar.

3. Asrama haji bisa menampung tiga kloter sekaligus

Besok Sore, Kloter I Embarkasi Makassar Masuk Asrama Haji SudiangIDN Times/Aan Pranata

Jelang musim pelaksanaan ibadah haji, Asrama Haji Sudiang Makassar dinyatakan telah siap. Asrama ini bisa menampung 1.500 orang dalam satu waktu, yang sebanding dengan anggota tiga kloter.

Asrama Haji Sudiang tergolong sarana paling lengkap di Indonesia. Terdapat masjid yang bisa menampung 1.200 orang, dua aula besar, serta tiga wisma berfasilitas bintang tiga. Asrama juga dilengkapi mockup pesawat, sebagai alat simulasi perjalanan udara jemaah menuju Tanah Suci.

Salah seorang petugas pembimbing jemaah haji, Mubassyir Dahlan mengatakan, berbagai fasilitas memungkinkan jemaah mempraktikkan langsung berbagai tata cara pelaksanaan ibadah haji. Dengan demikian, mereka sudah terbiasa sebelum melaksanakan praktik langsung.

"Praktik yang dilaksanakan, seperti ritual ibadah sejak meninggalkan rumah hingga kembali ke Tanah Air. Termasuk cara bersuci di atas pesawat, hingga petunjuk pemakaian ihram," ujarnya.

4. Embarkasi Makassar naungi 18 ribu calon haji dari delapan provinsi

Besok Sore, Kloter I Embarkasi Makassar Masuk Asrama Haji SudiangANTARA FOTO/Aji Styawan

Panitia Pelaksana Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Hasanuddin di Makassar, Sulawesi Selatan, siap menyambut musim haji 1440 Hijriah tahun 2019. Tahun ini Embarkasi Hasanuddin akan menampung total 18.171 calon haji dari delapan provinsi di Indonesia bagian timur.

Embarkasi Hasanuddin bakal memberangkatkan jemaah haji secara berkala dalam 40 kloter. Selain Sulsel, jemaah berasal dari Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

"Hari ini kita telah melaksanakan apel siaga dalam rangka persiapan pemberangkatan haji Embarkasi Hasanuddin Makassar. Baik sarana, prasarana, dan sistem, seratus persen siap. Tinggal menunggu hari H," kata Anwar kepada wartawan di Makassar, Rabu (3/7).

Baca Juga: Musim Haji, Pertamina Jamin Pasokan Avtur di Bandara Hasanuddin

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya