Banggar Ingin Biaya Renovasi Stadion Mattoanging Dikurangi Rp100 M  

Setengah dari usulan Pemprov yang senilai Rp200 miliar

Makassar, IDN Times - Badan Anggaran DPRD Sulawesi Selatan, tengah membahas finalisasi Rancangan APBD yang diusulkan Pemerintah Provinsi. Salah satu yang dibahas adalah usulan renovasi Stadion Mattoanging Makassar dengan biaya Rp200 miliar lebih.

Wakil Ketua DPRD Ni’matullah mengatakan, anggaran yang diusulkan melalui Dinas Pemuda dan Olahraga itu terlalu besar. Pihaknya ingin anggaran dipotong setengahnya, sembari Dispora menyelesaikan gambaran kerja detail atau Detail Engineering Design (DED) proyek renovasi.

“200 (miliar) itu tidak mungkin habis. Artinya, seratus saja dulu, sambil selesaikan perencanaan, DED, dan lain-lain,” kata Ni’matullah di Makassar, Jumat (29/11).

Baca Juga: DPRD Minta Rencana Renovasi Stadion Mattoanging Ditinjau Ulang

1. Sebagian anggaran diusulkan untuk revitalisasi GOR Sudiang

Banggar Ingin Biaya Renovasi Stadion Mattoanging Dikurangi Rp100 M  IDN Times/Aan Pranata

Ni’matullah mengatakan, semua usulan anggaran Pemprov masih akan dibahas dalam rapat finalisasi di Banggar. Persetujuan RAPBD oleh DPRD dan Pemprov diagendakan lewat sidang paripurna Jumat malam.

Pembicaraan soal anggaran renovasi Stadion Mattoanging belum selesai. Namun, menurut Ulla, DPRD ingin agar separuh anggaran yang diajukan bisa digunakan untuk kepentingan lain. Dia mencontohkan perbaikan gedung olahraga (GOR) Sudiang, Makassar.

2. Stadion Barombong belum bisa diselesaikan dalam waktu dekat

Banggar Ingin Biaya Renovasi Stadion Mattoanging Dikurangi Rp100 M  IDN Times/Istimewa

Pada rapat pembahasan anggaran di tingkat komisi, sempat mengemuka usul agar anggaran renovasi Stadion Mattoanging dialihkan untuk membiayai penyelesaian Stadion Barombong. Stadion itu dianggarkan oleh Pemprov Sulsel sejak tahun 2013 dan telah memakan biaya lebih dari Rp200 miliar.

Ni’matullah menganggap wacana itu belum bisa terwujud dalam waktu dekat. Sebab saat ini proyek Stadion Barombong tengah diaudit, baik menurut anggaran maupun forensik. 

“Kalau Barombong, kita tidak bisa ngapa-ngapain. Tidak fair kalau masuk ke sana, sedangkan masih dilakukan audit,” ucap Ni’matullah.

3. Stadion Mattoanging dianggap bukan prioritas

Banggar Ingin Biaya Renovasi Stadion Mattoanging Dikurangi Rp100 M  Sahrul Ramadan/IDN Times

Komisi E Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Selatan, sebelumnya meminta renovasi Stadion Mattoanging Makassar ditinjau ulang. Legislator Fraksi Gerindra Andi Mangunsidi menyebut renovasi stadion yang jadi kandang klub PSM Makassar itu bukan prioritas. Item itu tidak tertuang dalam rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) maupun kebijakan anggaran umum - prioritas dan plafon anggaran sementara (KUA-PPAS).

Menurut Mangunsidi, renovasi Stadion Mattoanging tak hanya di luar prioritas. Rencana itu juga dianggap rentan bermasalah. Sebab sampai saat ini kepemilikan atau pengelolaan stadion masih jadi sengketa antara Pemprov dengan Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS).

"Untuk pembangunan stadion, karena tidak jadi prioritas gubernur, perlu ditinjau ulang. Yang jadi prioritas adalah pengembangan pemuda," kata Mangunsidi saat rapat pembahasan rencana kerja dan anggaran (RKA) di Komisi E DPRD Sulsel, di Makassar, Selasa (26/11).

Baca Juga: Pemprov Sulsel Bakal Rehabilitasi Stadion Mattoanging

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya