77 Foto Terbaik Jusuf Kalla Dipamerkan di Makassar

Dirangkaikan dengan peluncuran buku foto JK

Makassar, IDN Times - Pewarta Foto Indonesia (PFI) Makassar menggelar pameran foto bertajuk Jusuf Kalla: Dari Timur untuk Indonesia, di atrium mal Nipah Makassar, Sulawesi Selatan, 13-15 Juli 2019. Sebanyak 77 foto pilihan ditampilkan sebagai apresiasi kepada Jusuf Kalla yang menjelang akhir periode kedua jabatannya sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia.

Foto yang dipamerkan merupakan hasil seleksi dari lomba foto yang digelar beberapa waktu lalu. Pameran ini juga bertepatan dengan momen ulang tahun ke-77 JK pada 15 Mei 2019 lalu.

Pameran dibuka putra JK yang juga Direktur Utama Kalla Group Solihin Jusuf Kalla, Sabtu (13/7). Selain pameran, juga diluncurkan buku berisi 77 foto yang berjudul sama. Pembukaan pameran dihadiri Sekretaris Provinsi Sulsel Abdul Hayat beserta unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

"Ini apresiasi terhadap dedikasi JK selama dua periode menjabat Wapres. Di ujung masa kepemimpinannnya, JK merupakan tokoh yang sangat dibanggakan," kata ketua panitia Idham Ama pada pembukaan pameran.

Baca Juga: FOTO: Uniknya Masjid di Makassar yang Menyerupai Kabbah  

1. Panitia menyeleksi dari 826 foto

77 Foto Terbaik Jusuf Kalla Dipamerkan di MakassarIDN Times/Aan Pranata

Idham mengungkapkan, panitia memilih 77 foto terbaik berdasarkan 826 foto yang didaftarkan peserta lomba. Foto terbagi ke dalam kategori jurnalistik yang berasal dari jurnalis media cetak dan daring, serta kategori umum dari beragam kalangan masyarakat.

Foto diseleksi oleh empat orang dewan juri. Masing-masing, fotografer Istana Wakil Presiden RI Jeri Wongiyanto; Ketua PFI Pusat Lucky Pransiska; Ketua PFI Makassar Ocha Alim Bachri; dan redaktur foto Harian Fajar Tawakkal Basri.

"Foto juga diseleksi langsung oleh dua juri kehormatan, yaitu Menteri PAN-RB Syafruddin dan Menteri Kominfo Rudiantara," kata Idham.

Baca Juga: Mimpi Unhas Jadi Kiblat Pendidikan di Kawasan Timur Indonesia

2. Pameran diisi klinik foto dan kegiatan sosial

77 Foto Terbaik Jusuf Kalla Dipamerkan di MakassarIDN Times/ Istimewa

Pameran yang berlangsung selama tiga hari terbuka untuk umum. Pengunjung mal Nipah bisa menyaksikan langsung foto-foto tentang keseharian dan kinerja JK selama jadi Wapres, melalui stan yang disediakan.

Panitia PFI Makassar sekaligus menyerahkan trofi pengharaan secara simbolis kepada enam juara lomba foto dengan hadiah total Rp100 juta. Juara 1 untuk kategori jurnalis diraih editor foto Media Indonesia, Sumaryanto. Sementara untuk juara 2 diraih Melly Riana Sari (INA Photo Agency). Dan Juara 3 diraih Hariandi Hafid (Freelance Photo Journalist).

Untuk kategori umum, juara 1 disabet Ari Hanggara. Juara 2 diraih oleh Ahmad Soleh dan juara 3 yakni Moch Muchlis. Selain juara 1 hingga juara 2 dan 3 dari dua kategori, panitia juga menetapkan tiga pemenang harapan untuk masing-masing kategori jurnalis dan umum.

Pada masa pameran, panitia juga menggelar beragam program. Misalnya klinik fotografi, lomba foto di lokasi, serta kegiatan sosial berupa donor darah.

3. Foto merangkum kegiatan JK, dari Istana hingga di atas awan

77 Foto Terbaik Jusuf Kalla Dipamerkan di MakassarIDN Times/Aan Pranata

Foto-foto yang ditampilkan dalam pameran Jusuf Kalla: Dari Timur untuk Indonesia merekam beragam aktivitas JK selama menjabat wapres. Tak hanya saat mendampingi Presiden Joko Widodo, melainkan juga saat bersama Susilo Bambang Yudhoyono.

Lewat salah satu foto peraih juara harapan, Fransiskus Parukian Simbolon dari Kontan mengabadikan momen Jusuf Kalla dan Jokowi naik kereta kencana dan diarak ribuan massa. Lewat keterangan foto diketahui, momen itu terjadi saat masyarakat mengantarkan mereka kedua menuju Istana Negara pada 20 Oktober 2014.

Beberapa foto lain merekam ekspresi JK saat rapat formal, kunjungan resmi, hingga aktivitas santai seperti menggendong cucu dan berenang. Terlihat pula keakrabannya bersama Jokowi lewat sejumlah bingkai.

Kebersamaan JK dengan sang istri Mufidah tak luput dari jepretan. Salah satunya foto Zulkifli Sukarta yang menampilkan pasangan suami istri itu tengah menyaksikan matahari terbit dari balik awan. Foto diabadikan 23 Januari 2017 saat JK dan istri mengunjungi lokasi wisata Puncak To'tombi, Lolai, Toraja Utara, Sulsel.

4. Solihin: JK fotogenik meski suka tak sadar kamera

77 Foto Terbaik Jusuf Kalla Dipamerkan di MakassarIDN Times/Aan Pranata

Putra JK, Solihin Jusuf Kalla bercerita dirinya termasuk orang yang hobi fotografi. Salah satu objek favoritnya adalah sang ayah.

Solihin menyebut JK sebagai sosok yang fotogenik. Meski pada banyak kesempatan, karakter yang ditampilkan JK sering tidak sadar atau enggan menatap kamera.

"Tapi entah kenapa ada saja angle yang menarik. Dari foto yang dipamerkan ini, tentu sosok pak JK tergambar di sana," katanya.

Baca Juga: Matahari Kembali Berada di Atas Kakbah, Ayo Cek Arah Kiblat

Topik:

  • Aan Pranata
  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya