Comscore Tracker

1,4 Juta Pelanggan PLN Sulselrabar Dapat Diskon Listrik, Ini Caranya

Stimulus tarif listrik berlaku Juli hingga September

Makassar, IDN Times - PT PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (Sulselrabar) memperpanjang stimulus tarif listrik untuk pelanggan. Stimulus berlaku Juli hingga September.

General Manager PLN UIW Sulselrabar Awaluddin Hafid mengatakan, perpanjangan pemberian stimulus ditujukan bagi 1.432.344 pelanggan di wilayahnya.

"Intinya PLN siap menjalankan keputusan Pemerintah untuk memperpanjang pemberian stimulus listrik bagi masyarakat kecil, pelaku usaha seperti industri dan bisnis, serta sosial," kata Awaluddin dikutip dari Antara, Senin (5/7/2021).

Baca Juga: Ini Cara Mendapatkan Diskon Listrik PLN Periode Juli-September 2021

1. Stimulus sebagai perlindungan sosial di masa pandemik

1,4 Juta Pelanggan PLN Sulselrabar Dapat Diskon Listrik, Ini CaranyaWarga memeriksa meteran listrik di kompleks rumah susun (Rusun) Petamburan, Jakarta, Minggu (7/6/2020). ANTARA FOTO/Reno Esnir

Awaluddin mengatakan, stimulus merupakan bentuk perlindungan sosial dari pemerintah untuk masyarakat di masa pandemik COVID-19. Stimulus ini sejatinya sudah berjalan sejak pertengahan tahun 2020.

"Stimulus ini tidak lepas dari keterpurukan ekonomi pasca merebaknya COVID-19, maka dari itu stimulus ini dipersiapkan bagi masyarakat kecil, pelaku usaha seperti industri dan bisnis," ujarnya.

2. Ini kelompok pelanggan yang dapat stimulus

1,4 Juta Pelanggan PLN Sulselrabar Dapat Diskon Listrik, Ini CaranyaIlustrasi Listrik. (IDN Times/Arief Rahmat)

Berdasarkan surat Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, stimulus periode Juli- September 2021diberikan kepada pelanggan golongan rumah tangga daya 450 Volt Ampere. Berikutnya, golongan bisnis kecil daya 450 VA dan industri kecil daya 450 VA diberikan diskon tarif listrik sebesar 50 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

Selanjutnya pelanggan golongan rumah tangga daya 900 VA bersubsidi diberikan diskon sebesar tarif listrik 25 persen dengan maksimal penggunaan 720 jam nyala.

Pembebasan biaya beban atau abonemen, serta pembebasan ketentuan rekening minimum sebesar 50 persen bagi pelanggan industri, bisnis, dan sosial.

3. Cara mendapatkan diskon listrik dari PLN

1,4 Juta Pelanggan PLN Sulselrabar Dapat Diskon Listrik, Ini CaranyaIlustrasi listrik (ANTARA FOTO/Rahmad)

Bagi pelanggan pascabayar, diskon diberikan dengan langsung memotong tagihan rekening listrik pelanggan. Sementara untuk pelanggan prabayar, diskon tarif listrik diberikan saat pembelian token listrik.

Khusus untuk pembebasan biaya beban, abonemen, dan pembebasan ketentuan rekening minimum, pemberian stimulus akan diberikan secara otomatis dengan memotong tagihan rekening listrik konsumen sosial, bisnis dan industri. Potongan sebesar 50 persen hanya diberikan untuk biaya beban/abonemen dan biaya pemakaian rekening minimum.

Pemerintah melalui PLN telah menyalurkan stimulus listrik sebesar Rp 13,15 triliun kepada 33,02 juta pelanggan. Sedangkan pada triwulan III Juli - September 2021 ini pemerintah telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2,33 triliun untuk stimulus listrik.

Baca Juga: Viral Warga di Makassar Lempar Uang Tunggakan Listrik ke Petugas PLN

Topic:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya