Pembangunan Ring Road III Manado Diprediksi Selesai Tahun 2026

Pengerjaan memakan anggaran Rp 150 miliar

Manado, IDNTimes - Pembangunan Ring Road III, Sulawesi Utara, sejak tahun 2020 masih terus berlanjut. Proyek yang menghubungkan Kalasey-Winangun ini diprediksi akan selesai pada tahun 2026.

Ring Road III sendiri merupakan bagian dari proyek Manado Outer Ring Road (MORR) atau Jalan Lingkar Kota Manado. Jalan ini akan dibangun sepanjang 11 kilometer dari Kalasey-Winangun.

Dengan adanya Ring Road III, diharapkan mampu memangkas jarak tempuh dan waktu warga dari Winangun yang ingin ke Kalasey. "Jika sampai 2023 sudah selesai dibangun, panjangnya 4,9 kilometer,” ujar Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Sulut, Hendro Satrio, Selasa (6/12/2022).

Baca Juga: Pemkot Usulkan UMK Manado Naik Jadi Rp3,5 Juta

1. Ring Road III menelan anggaran Rp 150 miliar

Pembangunan Ring Road III Manado Diprediksi Selesai Tahun 2026Suasana di sekitar Malalayang, Manado, Sulawesi Utara. IDNTimes/Savi

Pembangunan Ring Road III diperkirakan menelan anggaran Rp 150 miliar. Ring Road III merupakan bagian dari MORR yang terdiri dari Jalan Ring Road I (Kairagi-Winangun), Ring Road II (Kairagi-Pandu), dan Ring Road III.

Jalan lingkar tersebut menghubungkan Jalan Wolter Monginsidi, Malalayang ke Jalan Pierre Tendean hingga ke Boulevard II. Kemudian, jalan lingkar tersebut akan terhubung dengan jalan kecil dari Molas ke Ring Road II di Pandu.

Pembangunan Ring Road II diprediksi membutuhkan waktu hingga tahun 2026. Hingga kini, pembangunan sudah dilakukan 2 tahap sejak tahun 2020.

2. Tahap 3 sepanjang 1,9 kilometer akan dikerjakan tahun 2023

Pembangunan Ring Road III Manado Diprediksi Selesai Tahun 2026Kendaraan yang melintas di sekitar Malalayang, Manado, Sulawesi Utara. IDNTimes/Savi

Pada tahun 2021, tahap pertama Ring Road III sudah dibangun sepanjang 1,5 kilometer dengan anggaran 46 miliar. Kemudian tahap 2 sudah diselesaikan tahun ini sepanjang 1,5 kilometer dengan anggaran 42 miliar.

Rencananya, pembangunan tahap 3 akan dilakukan di tahun 2023 dengan anggaran Rp 37 miliar. “Panjang jalan sekitar 1,9 kilometer,” ucap Hendro Satrio.

Jika setiap tahun dibangun 2 kilometer, maka masih membutuhkan sekitar 3 tahun lagi agar Ring Road III tuntas.

3. Pengerjaan tergantung pembebasan lahan

Pembangunan Ring Road III Manado Diprediksi Selesai Tahun 2026Gedung Kantor Gubernur Sulawesi Utara di Jalan 17 Agustus, Wanea, Manado, Sulawesi Utara. IDNTimes/Savi

Sepanjang 4,9 kilometer Ring Road III sudah dituntaskan pembangunannya, sehingga masih tersisa 6,1 kilometer. BPJN Sulut tak bisa langsung menuntaskan pembangunan Ring Road III.

Hendro mengatakan bahwa pembangunan tergantung dengan pembebasan lahan yang dilakukan Pemprov Sulut. Sedangkan dari sisi anggaran, tidak ada masalah.

“Itu tergantung pembebasan lahan. Jadi lahan yang sudah dibebaskan sepanjang berapa kilometer, kita kerjakan,” tutur Hendro.

Baca Juga: UMP 2023 Sulut Naik 5,24 Persen, Buruh Diminta Tingkatkan Etos Kerja

Topik:

  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya