Gugur di Papua, Jenazah Briptu Rudi Agung Dimakamkan di Kotamobagu

Korban naik pangkat jadi Brigadir Polisi Anumerta

Manado, IDN Times - Seorang personel Brimob Polda Sulawesi Utara, Briptu Rudi Agung Ashari, tewas saat menjalankan tugas di Pegunungan Bintang, Provinsi Papua Pegunungan, Senin (18/9/2023). Ia tewas usai kontak senjata dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua.

Saat itu personel Operasi Damai Cartenz 2023 sedang patroli di Kampung Yapimakot, Distrik Serambakon. Saat di jembatan tanjakan Kantor Distrik Serambakon, kontak tembak pun tak terelakkan. Jenazah korban sempat dibawa ke RSUD Oksibil, Pegunungan Bintang.

Selasa (19/9/2023) malam, jenazah sudah tiba di rumah duka di Desa Kopandakan I, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Kota Kotamobagu. "Kami berdoa mudah-mudahan almarhum mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah SWT di surga," kata Kapolda Sulut, Irjen Pol Setyo Budiyanto.

1. Naik pangkat jadi Brigadir Polisi Anumerta

Gugur di Papua, Jenazah Briptu Rudi Agung Dimakamkan di KotamobaguBriptu Rudi Agung Ashari bersama anaknya. IDNTimes/Istimewa

Saat menunggu kedatangan jenazah di Bandara Internasional Sam Ratulangi Manado, Setyo sempat berinteraksi dengan beberapa anggota keluarga Briptu Rudi Agung. Ia meminta keluarga untuk kuat.

"Tuhan berkendak lain, kemarin salah satu anggota Brimob Sulut terbaik yang melaksanakan tugas Operasi Damai Cartenz di tanah Papua tertembak dan meninggal dunia," terang Setyo.

Briptu Rudi Agung mendapat penghargaan dari Kapolri berupa kenaikan pangkat. Ia naik pangkat dari Brigadir Satu menjadi Brigadir Polisi Anumerta.

2. Sempat minta foto anak

Gugur di Papua, Jenazah Briptu Rudi Agung Dimakamkan di KotamobaguJenazah Briptu Agung Azhari yang tewas akibat penyerangan KKB di Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan. (IDN Times/Istimewa)

Briptu Rudi Agung meninggalkan seorang istri bernama Tami Ondah dan seorang anak perempuan bernama Shezza Belvya Agung (3). Salah satu kerabat bernama Rein Inalanu mengatakan bahwa Briptu Rudi Agung sempat menelepon sang istri.

"Setengah jam sebelum berangkat patroli dia masih sempat telepon, " ujarnya.

Dalam percakapan, mereka saling bertukar kabar. Bahkan, sebelum menutup telepon Briptu Rudi Agung juga sempat meminta istrinya mengirim foto anak mereka. "Tami sempat mengirimkan foto-foto Shezza," tambah Rein.

3. Dimakamkan di TMP Mongkonai

Gugur di Papua, Jenazah Briptu Rudi Agung Dimakamkan di Kotamobaguidn.times.com

Sebelumnya, Briptu Rudi Agung bertugas di Batalyon B Pelopor Brimob Polda Sulut di Inuai, Bolmong. Briptu Rudi Agung diketahui sudah bertugas di Papua selama 6 bulan. Tersisa 3 bulan lagi, Briptu Rudi Agung akan kembali ke Sulawesi Utara.

Briptu Rudi Agung rencananya akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Mongkonai di Kotamobagu, Rabu (20/9/2023). Upacara pemakaman akan dipimpin langsung oleh Wakapolda Sulut, Brigjen Pol Jan de Fretes.

"Pertama upacara keagamaan, lalu upacara persemayaman. Selanjutnya pemakaman di TMP, " terang Danyon B Pelopor Inuai, Kompol I Wayan Wimantara.

Baca Juga: Heboh Polisi Sulut Buang Ribuan Liter Miras Cap Tikus di Sungai

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya