Bocor Usai Disapu Gelombang, Kapal Tanker Tenggelam di Laut Maluku 

Kapal tersebut bertolak dari Kota Bontang, Kalimantan Timur

Ambon, IDN Times - Kapal tanker MT Koan karam di Perairan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, Kamis (15/2/2024) dini hari.

Awalnya, kapal tersebut bertolak dari Kota Bontang, Kalimantan Timur menuju Surabaya, Jawa Timur.

Setelah tiba di laut Arafura, kata Kepala Basarnas Ambon Muhammad Arif Anwar, kapal disapu gelombang setinggi lima meter pada Rabu, (14/2/2024). ”Kapal pun alami kebocoran,” ungkap Arif melalui keterangan tertulis, Jumat (16/2/2024).

1. Sebelum karam, para ABK sempat menguras Air

Bocor Usai Disapu Gelombang, Kapal Tanker Tenggelam di Laut Maluku Para ABK Kapal Tanker MT Koan tiba di Kota Saumlaki. Mereka dievakuasi menggunakan speedboat milik PolAir Polda Maluku.(IDN Times/Basarnas Ambon)

Akibatnya, kapal alami miring kanan. Para anak buah kapal (ABK) sempat mencoba menguras air menggunakan pompa. Namun usaha mereka, sebut Anwar, tidak berhasil.

Sekitar pukul 04.00 WIT, tepat Kamis (15/2/2024), kapal perlahan-lahan tenggelam di laut Perbatasan Indonesia-Australia. Tak jauh dari perairan Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku.

Saat itu, para ABK menyelamatkan diri menggunakan dua Life Craft. Mereka sempat terombang-ambing selama beberapa jam di lautan.

2. Diselamatkan kapal tanker yang melintas

Bocor Usai Disapu Gelombang, Kapal Tanker Tenggelam di Laut Maluku Ilustrasi Kapal (IDN Times/Sukma Shakti)

Arif mengatakan, pukul 15.00 WIT, ABK berhasil berkomunikasi dan meminta pertolongan pada Kapal Tanker Hafnia Petler yang sedang melintasi di Perairan Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

“Pukul 16.00 WIT, seluruh korban berhasil ditemukan dan dievakuasi dengan selamat ke atas Kapal Tanker Hafnia Petler,” jelasnya.  

Melalui komunikasi saluran radio, tambah Arif, Pukul 18.00 WIT, Tim SAR Gabungan berhasil tiba di lokasi Intercept Kapal Tanker Hafnia Petrel guna mengevakuasi para ABK.

“Para ABK sudah berhasil diselamatkan, kini mereka berada di Kota Saumlaki dan diperiksa oleh Tim Medis RSUD DR. PP. Magrreti guna mendapat penanganan lebih lanjut,” ujarnya.

Baca Juga: Seorang Sekda di Maluku Ditetapkan sebagai Tersangka Korupsi

3. Berikut nama para ABK Kapal Tanker MT Koan

Bocor Usai Disapu Gelombang, Kapal Tanker Tenggelam di Laut Maluku Para ABK Kapal Tanker MT Koan saat tiba di Saumlaki, Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku.(IDN Times/Basarnas Ambon)

Arif mengatakan, dengan ditemukannya para ABK dengan selamat, maka Operasi SAR resmi ditutup. Seluruh unsur Potensi SAR dikembalikan ke satuannya masing-masing.

Berikut nama-nama ABK Kapal Tanker MT Koan:

1. Sony Mubarok (31), Oiler.

2. Rusman (27), Juru mudi.

3. Jumu Jahi (27), Juru mudi.

4. Kiki Weldi (37), Tukang las.

5. Toni Ricardo (24), Oiler.

6. Erid suhendra (35), Kapten.

7. Hendro Febrianto (34), Mandor mesin.

8. Rahmadi (28), Mualim III.

9. Wahyu Dwi Jatmiko (49), KKM.

10. Ayu Airin Laihan (24), Koki.

11. Rohmat Saiful Anwar (32), Mualim I.

12. Ari Satrio Priantoro (35), Botwain.

13. Mahesa Ari Sandi (25), Masinis II.

14. Pilar jaman Tegar R.A (26), Masinis III.

15. M. Arofa (27), Oiler.

16. Heri Siswanto (39), Ebi.

17. Dadan Abriansyah (30), Second officer.

18. Madi Maulana (20), Kadet deck.

Baca Juga: Kakek Usia 79 Tahun di Maluku Terjatuh dari Perahu saat Memancing

Husein Ahmad Photo Community Writer Husein Ahmad

Petualang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya