Beredar Video Napi Terorisme Poso Ajak Ali Kalora Menyerahkan Diri

Ajak DPO MIT Poso turun dari hutan dan menyerahkan diri

Palu, IDN Times - Beredar video seorang narapidana terorisme bernama Basri menyerukan agar pemimpin Mujahidin Indonesia Timur, Ali Kalora dan lima anggotanya menyerahkan diri ke aparat keamanan.

Basri alias Bagong alias Ayas alias Opa, dalam video berdurasi sekitar dua menit itu, menceritakan perlakuan polisi selama menjalani masa hukuman. Basri juga mengaku bersedia bertanggung jawab atas keamanan Ali Kalora Cs jika menyerahkan diri ke Satgas Madago Raya.

“Adik-adikku, kakak-kakakku yang saya cintai, saya sayangi marilah turun dari hutan. Mari kita hidup tenang dan kita bangun Poso bersama,” tutur Basri berdasarkan video yang beredar Selasa (24/8/2021).

1. Basri sebagai tangan kanan Santoso, Pimpinan MIT Poso sebelum Ali Kalora

Beredar Video Napi Terorisme Poso Ajak Ali Kalora Menyerahkan DiriNapiter Poso, Basri alias Bagong/IDN Times/Istimewa

Basri merupakan anak buah Pimpinan MIT Poso, Santoso alias Abu Wardah sebelum digantikan Ali Kalora. Basri terbukti melakukan serangkaian kekerasan, pembunuhan dan tindakan terorisme di Poso. Dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, majelis hakim menjatuhkan vonis 19 tahun penjara. Hingga saat ini, Basri baru menjalani masa kurungan 6 tahun.

Belum lama menjalani masa hukuman, Basri sempat kabur dari Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Ampana dan kembali menyerahkan diri pada 14 September 2016.

Diketahui, pemilik nama lengkap Mohammad Basri bin Baco Sampe itu juga merupakan tangan kanan Santoso. “Saya turun menyerahkan diri untuk mempertanggungjawabkan perbuatan saya,” kata Basri dalam video tersebut.

2. Bersedia jemput Ali Kalora Cs dan minta tinggalkan perbuatan melanggar hukum

Beredar Video Napi Terorisme Poso Ajak Ali Kalora Menyerahkan DiriSatgas Madago Raya melakukan penyisiran di salah satu desa di Kabupaten Sigi/IDN Times/Kristina Natalia

Selain mengajak Ali Kalora Cs untuk turun dari hutan dan menyerahkan diri, Basri juga menawarkan diri untuk menjemput Ali Kalora Cs di hutan bersama satgas Madago Raya.

“Kalau kalian takut, saya yang bertanggung jawab dan sayalah yang akan menjemput kalian,” kata Basri.

Baca Juga: Ali Kalora Cs, Ini Foto 11 DPO Teroris MIT Poso

3. Basri mengaku diperlakukan baik selama menjalani masa hukuman

Beredar Video Napi Terorisme Poso Ajak Ali Kalora Menyerahkan DiriWakasatgas Humas Operasi Madago Raya, AKBP Bronto Budiyono/IDN Times/Kristina Natalia

Wakasatgas Humas Operasi Madago Raya, AKBP Bronto Budiyono membenarkan video yang beredar adalah rekaman napiter bernama Basri. Bronto mengatakan saat ini tersisa enam DPO MIT Poso yg diburu satgas.

Dalam video tersebut, Basri berharap Ali Kalora Cs segera menyerahkan diri dan menjalani proses hukum. Bronto mengatakan Basri termasuk salah satu contoh pelaku tindak pidana terorisme di Kabupaten Poso, Sulteng yang mendapat perlakuan baik selama masa hukuman.

“Kita jamin dan perlakukan sebaik-baiknya. Semoga ajakan Basri didengar Ali Kalora Cs,” harap Bronto, Selasa (24/8/2021).

Baca Juga: Kejar Ali Kalora Cs, TNI-Polri Perpanjang Operasi Madago Raya

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya