Unik, Bendera Merah Putih Raksasa Membentang di Teluk Mamuju

TNI AL kibarkan Merah Putih seberangi Teluk Mamuju

Makassar, IDN Times - Perayaan HUT ke-77 RI disambut gembira oleh setiap warga Indonesia. Seperti atraksi heroik pengibaran Bendera Merah Putih ukuran raksasa di Teluk Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar), Sabtu, 13 Agustus 2022. Pengibaran bendera di atas permukaan laut ini disebut merupakan yang pertama di Indonesia.

"Pagi ini, bersama-sama Forkopimda telah menyeberangkan sangsaka merah putih sejauh 2 kilometer. Ini adalah pengibaran bendera 21x11 meter di permukaan laut, pertama di Indonesia. Ini aksi heroik," ujar Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik, dalam rilis pers, Minggu (14/8/2022).

1. Aksi heroik TNI-AL

Unik, Bendera Merah Putih Raksasa Membentang di Teluk MamujuPj Gubernur Sulawesi Barat, Akmal Malik (kiri). Dok. IDN Times/Humas Pemprov Sulbar

Pengibaran bendera Merah Putih dilaksanakan oleh pangkalan TNI-AL Mamuju. Akmal Malik memberikan apresiasi terkait pengibaran bendera merah putih di laut.

Akmal mengatakan, masyarakat Sulbar bisa bangga dengan aksi heroik tersebut serta memaknai penyeberangan bendera merah putih dari pulau Karampuang ke bibir Pantai Mamuju sebagai menyeberangkan Indonesia agar lebih baik lagi.

"Maknanya bisa menyeberangkan Sulbar dari tidak baik ke arah yang lebih baik. Kita bangga, mudah-mudahan ini bisa menjadi contoh bagi masyarakat Sulbar untuk bangkit menuju ekonomi yang lebih baik lagi," ujar Akmal.

2. Kerja sama seluruh pihak

Unik, Bendera Merah Putih Raksasa Membentang di Teluk MamujuBendera berukuran raksasa di laut Mamuju, Sulawesi Barat, Sabtu (13/8/2022) Dok. IDN Times/Humas Pemprov Sulbar

Akmal berterima kasih atas keterlibatan setiap pihak, khususnya kekompakan OPD sehingga kegiatan tersebut berjalan lancar. Ia pun turut bangga dengan personil pangkalan AL Mamuju yang telah sukses mengibarkan bendera di laut.

"Ini berkat kerja sama seluruh pihak. Kita berharap acara ini kembali menggunggah rasa nasionalisme kita, bahwasanya Indonesia hadir untuk menyejahterakan masyarakat," ujar Akmal.

Akmal berharap, para ASN Pemprov Sulbar memaknai kegiatan itu juga bukan sekadar seremoni.

"Tetapi ini langkah awal berbuat baik untuk negara, berbuat baik untuk rakyat, berbuat baik untuk masyarakat Sulbar," tegasnya.

3. Jalan santai di Sulbar

Unik, Bendera Merah Putih Raksasa Membentang di Teluk MamujuBendera berukuran raksasa di laut Mamuju, Sulawesi Barat, Sabtu (13/8/2022) Dok. IDN Times/Humas Pemprov Sulbar

Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah (Otoda) Kementerian Dalam Negeri ini juga mengikuti dan memberikan apresiasi pada gelaran jalan santai di Jalan Arteri Mamuju.

Pada pelaksanaan jalan santai ini, Akmal Malik bersama sejumlah pimpinan Forkopimda serta ASN Pemprov Sulbar berjalan dari perempatan Jalan Martadinata hingga di depan kantor BPJN Sulbar.

Baca Juga: Festival Sandeq di Sulbar, Menpora Minta Digelar saat Haornas 2022

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya