Puncak Kepadatan Arus Balik di Pelabuhan Makassar Diprediksi 7-8 Mei

Tanggal 9 Mei aktivitas kerja kembali normal

Makassar, IDN Times - Puncak arus balik Lebaran Idul Fitri 1443 H tahun 2022 di Pelabuhan Makassar, Sulawesi Selatan, diprediksi terjadi pada Sabtu-Minggu, 7-8 Mei.

"Diprediksi puncaknya sekitar tanggal 7-8 Mei pekan ini," kata Kepala Operasi dan Pelayanan PT Pelni Makassar, Tomi Santoso, dilansir ANTARA, Sabtu (7/5/2022).

1. Jumlah penumpang di Pelabuhan Makassar pekan ini

Puncak Kepadatan Arus Balik di Pelabuhan Makassar Diprediksi 7-8 MeiIlustrasi penumpang kapal laut (ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah)

Jumlah penumpang turun (PT) di Pelabuhan Makassar, berdasar data posko terpadu, yaitu pada 1 Mei sebanyak 2.194 orang turun dari tiga kapal Pelni yang bersandar. Sementara penumpang lanjutan (PL) tercatat 2.634 orang, dan penumpang naik (PN) 1.002 orang. Sedangkan penumpang di atas kapal tercatat 738 orang.

Lalu, pada 3 Mei, dari dua kapal Pelni yang bersandar, jumlah penumpang turun 717 orang, penumpang naik 350 orang. Kemudian tanggal 4 Mei, dari empat kapal yang bersandar tercatat 851 orang penumpang turun dan 1.257 penumpang naik.

Selanjutnya, di tanggal 5 Mei, dari dua kapal bersandar, sebanyak 891 penumpang turun dan 1.241 orang penumpang naik.

2. Jumlah penumpang via pelabuhan dan bandara Makassar

Puncak Kepadatan Arus Balik di Pelabuhan Makassar Diprediksi 7-8 MeiIlustrasi. Pemudik antre masuk ke ruang keberangkatan di Pelabuhan Pantoloan di Palu, Sulawesi Tengah, Sabtu (23/4/2022) ANTARA FOTO/Mohamad Hamzah/aww.

Hingga 5 Mei, Dinas Perhubungan Sulawesi Selatan (Sulsel), mencatat total 32.500 orang penumpang menggunakan moda transportasi laut melalui Pelabuhan Makassar saat arus balik. Sementara penumpang pesawat di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar tercatat total 172 ribu orang.

Kepadatan arus balik usai mudik Lebaran 2022, menurut Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Perhubungan Sulsel, Aruddini, masih berlangsung pada 8 Mei 2022.

Baca Juga: Warga Makassar Diimbau Waspada Kebakaran di Musim Mudik

3. Dishub imbau masyarakat balik lebih awal

Puncak Kepadatan Arus Balik di Pelabuhan Makassar Diprediksi 7-8 MeiIlustrasi penumpang di Kapal Laut. IDN Times/Hisyam Keleten Kelin

Aruddini meminta masyarakat yang masih berada di lokasi mudik, agar lebih awal untuk melakukan perjalanan balik. Hal itu untuk mengurangi kepadatan kendaraan yang mengakibatkan kemacetan.

"Kami mengimbau agar masyarakat yang sudah mudik, sebaiknya lebih awal balik, demi menghindari kemacetan panjang utamanya yang menggunakan transportasi darat," katanya.

Baca Juga: Penumpang Arus Mudik Lebaran di Bandara Makassar Capai 282 Ribu Orang

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya