KONI Makassar; Sejarah, Struktur Organisasi, Cabor Anggota, Fasilitas

KONI Makassar saat ini dipimpin oleh Ahmad Susanto

Makassar, IDN Times - Komite Olahraga Nasional atau KONI Makassar merupakan lembaga otoritas keolahragaan yang mendukung program Pemerintah Kota Makassar dalam pembinaan dan pengembangan prestasi olahraga. KONI Makassar berwenang dan bertanggung jawab mengelola, membina, mengembangkan, serta mengkoorinasikan seluruh pelaksanaan kegiatan olahraga dan prestasi setiap anggota di Makassar.

Sekretariat atau kantor KONI Kota Makassar terletak di Jalan Kerung-kerung, Makassar. Gedung kantor KONI dibangun pemerintah kota Makassar dengan memanfaatkan bekas lahan Taman Hiburan Rakyat Makassar. Kantor KONI Makassar diresmikan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan "Danny" Pomanto pada Selasa, 6 September 2016. Sebelum memiliki kantor permanen, pengurus KONI Makassar menyewa atau menumpang ruko sebagai secretariat. Salah satunya pernah berkantor di sebuah ruko di Jalan Hertasning Baru, Makassar.

1. Sejarah KONI Makassar

KONI Makassar; Sejarah, Struktur Organisasi, Cabor Anggota, FasilitasKONI Makassar. Instagram/konimakassar

Kepengurusan KONI Kota Makassar pertama kali terbentuk pada masa periode 2006-2010. Wali Kota Makassar, H Ilham Arief Sirajuddin, secara ex oficio
ditunjuk sebagai Ketua KONI Makassar. Berikutnya periode 2010-2014 KONI Kota Makassar dipimpin Abdul Latief Yusuf, mantan birokrat di pemerintah kota
Makassar. Latief Yusuf kemudian digantikan oleh Agar Jaya.

Mantan Sekretaris Kota Makassar itu memimpin KONI Makassar dua periode yakni 2014-2018 dan periode 2018-2022. Namun, Agar Jaya meninggal dunia pada 11 Oktober 2021. Untuk mengisi kekosongan pimpinan, Wakil Ketua Umum KONI Makassar,
Kusaiyyeng ditunjuk sebagai pelaksana tugas Ketua KONI Makassar hingga Musyawarah
Kota (Muskot) menghasilkan pengurus baru KONI Makassar.

2. Ketua KONI Makassar periode 2022-2026

KONI Makassar; Sejarah, Struktur Organisasi, Cabor Anggota, FasilitasMisi KONI Makassar. Instagram/konimakassar

Muskot KONI Makassar yang digelar di Hotel Four Points, Jumat, 22 Januari 2022 melahirkan pemimpin baru KONI Makassar. Ahmad Susanto DB terpilih secara aklamasi
memimpin KONI Makassar periode 2022-2026. 39 cabang olahraga anggota KONI bermufakat menunjuk Ketua Asosiasi Futsal Provinsi (AFP) Sulawesi Selatan sebagai
Ketua KONI Makassar. Pengurus KONI Makassar periode 2022-2026 resmi dilantik oleh Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto di Hotel Myko Panakkukang pada 17 Maret 2022.

Pada masa kepemimpinan Ahmad Susanto, pengurus KONI Makassar mencetuskan gagasan "Makassar City of Sport". Ide tersebut berdasar semangat untuk memajukan dunia olahraga di Kota Makassar.

"Salah satunya ialah sport is destination. Karena itu kita mau ubah pekan olaharga kota yang dulunya konvensional menjadi lebih modern, namanya sport age," kata Susanto kepada IDN Times, Selasa (7/11/2022).

Pekan Olahraga Kota Makassar direncanakan digelar pada tahun 2023 mendatang. Pada kegiatan itu, akan ada kompetisi olahraga, eksebisi, Esport, training, enterpreneur, festival, dan wisata olahraga.

"Kita akan launching dalam waktu dekat pada saat pembagian bonus atlet peraih medali Porprov Sulsel," katanya.

3. Dukungan KONI Makassar untuk cabang olahraga

KONI Makassar; Sejarah, Struktur Organisasi, Cabor Anggota, FasilitasAtlet Makassar di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) 2022. Instagram/konimakassar

"Salah satu filosofinya kita itu tumbuh dari lorong, lurah, dan kecamatan," kata Susanto. Dalam artian, bibit-bibit atlet Makassar akan dipantau untuk dibina hingga mencapai prestasi terbaik. Tugas pemantauan bibit atlet, kata Susanto, dijalankan oleh Koordinator Kecamatan (Korcam) KONI Makassar.

Selain itu, Korcam juga bertanggung jawab pada hadirnya fasilitas olahraga di setiap kecamatan di Kota Makassar. "Jadi tugasnya Korcam sudah sangat besar, salah satunya yaitu pembentukan sport center di 15 kecamatan. Penangung jawabnya Korcam."

Susanto mengatakan, untuk pembinaan seluruh cabang olahraga yang tergabung dalam KONI Makassar, pihaknya mendorong agar organisasi cabor berjalan dengan baik. "Organisasi harus sehat, maka dia akan fokus pada pembinaan pada atlet. Pada organisasinya kita siapkan bantuan setiap tahunnya. Kedua kita mau aktif melakukan pembinaan," Susanto menerangkan.

Selain itu, cabor dapat mengajukan permintaan untuk menggelar kegiatan kompetisi olahraga yang akan disokong oleh KONI Makassar. Seperti Futsal dan PSSI Cup.

"Sekarang juga kita siapkan dukungan Pelatnas. Kita minta masing-masing cabor berlomba-lomba mengirim atletnya ke Pelatnas. Dukungan biaya ditanggung KONI Makassar."

4. KONI Makassar siapkan beasiswa untuk atlet muda

KONI Makassar; Sejarah, Struktur Organisasi, Cabor Anggota, FasilitasProgram One Student One Sport KONI Makassar. Instagram/konimakassar

Dukungan bagi calon atlet dilakukan sejak mereka masih di bangku sekolah. Susanto menyebut, KONI Makassar telah menjalin kerja sama dengan Dinas Pendidikan Makassar dalam program "One Student One Sport". Siswa-siswi dari bangku sekolah tersebut, akan diikutkan dalam Pekan Olahraga Makassar. "Dari situ akan tersaring. Peraih medali akan dibina untuk persiapan Porda, Prapon, dan level ke atasnya," ucap dia.

KONI Makassar, menurut Susanto, akan mendukung para atlet dari bangku sekolah dengan menanggung BPJS Ketenagakerjaan. Lalu, mereka juga akan memperoleh beasiswa pendidikan.

"Kita ada kerja sama dengan Kementerian Pendidikan, untuk KIP Kota Makasar dapat jatah untuk siswa berprestasi. Siswa yang masuk SMP atau SMA kita tanggung biayanya," ucap Susanto.

Susanto mengajak seluruh masyarakat Kota Makassar untuk menumbuhkan minat menjadi atlet olahraga dan bergabung bersama KONI Makassar. "Atlet sudah jadi profesi, jadi ini bisa jadi lompatan masa depan. Kita jadikan olahraha sebagai mitigasi sosial," katanya.

Baca Juga: Didukung 36 Cabor, Ahmad Susanto Hampir Pasti Jadi Ketua KONI Makassar

5. Pengurus KONI Makassar periode 2022-2026

KONI Makassar; Sejarah, Struktur Organisasi, Cabor Anggota, FasilitasAhmad Susanto saat mendaftar sebagai bakal calon ketua KONI Makassar periode 2022-2026. Senin, 10 Januari 2022/IDN Times/Sahrul Ramadan

Berikut Ini Komposisi Pengurus KONI Makassar Periode 2022-2026:

Ketua Umum: Ahmad Susanto
Wakil ketua I: H Kusaiyyeng
Wakil Ketua II: Taslim Rasyid
Wakil Ketua III: HM Yunus HJ
Sekretaris Umum: Muh Taufiq NT
Wakil Sekretaris: Adriana Djamaluddin

Bendahara: Prof Dr Arifuddin
Wakil Bendahara: Wahyu Hidayat

Badan Auditor Internal:
Ketua: Muhammad Iqbal Djalil
Wakil Ketua: Muchsamin Said

Bidang Pembinaan Prestasi
Ketua: Arianto Najib
Wakil: Dr Hasyim
Anggota: Maulana Yusdianto

Bidang Sport Science dan IPTEK
Ketua: Dr Hikmad Hakim
Wakil: Muhammad Ishak

Bidang Pendidikan dan Penataran
Ketua: Indira Mulyasari Paramanstuti
Wakil: Sukarno Lallo

Bidang Organisasi
Ketua: Muh Tawing
Wakil: Andi Yasin Iskandar

Bidang Mobilisasi Sumber Daya dan Kerjasama
Ketua: Rachmawati
Wakil: Christopher Aviary
Anggota: Munir Mangkanya

Bidang Media dan Humas
Ketua: Agus Suherman
Wakil: Fachruddin Palapa

Bidang Perencanaan Program dan Anggaran
Ketua: Andi Naharuddin
Wakil: Agus Hamid

Bidang Pembinaan Hukum Keolahragaan
Ketua: Yusuf Laoh, SH
Wakil: Muchtar Djuma, SH

Baca Juga: Aklamasi, Ahmad Susanto Terpilih Jadi Ketua KONI Makassar 2022-2026

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya