Comscore Tracker

Peringati Hari Kartini, Polwan Berkebaya Bagi-Bagi Masker di Jalan

Polwan Polda Gorontalo bagikan 1.500 masker ke masyarakat

Gorontalo, IDN Times - Memperingati hari Kartini, polisi wanita (polwan) di Kepolisian Daerah Gorontalo turun ke jalan membagikan masker kepada pengendara, Rabu (22/4). Mereka sekaligus menyosialisasikan bahaya dan pencegahan COVID-19 kepada para pengguna jalan.

Sejumlah polwan turun membagi-bagikan masker di Bundaran Saronde, Kota Gorontalo. Para petugas berpakaian kebaya menyasar pengendara yang tidak mengenakan masker. Mereka menghentikan para pengguna jalan, memberikannya masker, lalu menuntunnya untuk memakai alat pelindung diri tersebut.

Perwira Pembina Polwan Polda Gorontalo AKBP Ramlah Pulumaduyo mengatakan, petugas sengaja turun ke jalan dengan kebaya, sebagai simbol para petugas melanjutkan perjuangan Raden Ajeng Kartini di masa kini.

“Pembagian Masker ini dalam rangka memperingati hari kartini yang jatuh pada 21 april 2020, sekaligus menunjukkan kami Polwan Gorontalo peduli kepada warga masyarakat,” ujar Ramlah, Kamis.

Baca Juga: Ini Respons Gubernur Gorontalo yang Dipolisikan karena Bagi Sembako

1. Polwan membagikan 1.500 masker kepada masyarakat Gorontalo

Peringati Hari Kartini, Polwan Berkebaya Bagi-Bagi Masker di JalanIDN Times/Elias

Aksi bagi-bagi masker, kata Ramlah, merupakan wujud aksi peduli. Masyarakat diharapkan sadar dengan bahaya penularan COVID-19. Penggunaan masker saat beraktivitas di luar rumah bisa mencegah penyebarannya.

“Untuk masyarakat Gorontalo, sebanyak 1.500 masker kami bagikan,” kata Ramlah yang juga menjabat Kasubdit IV Renakta Ditreskrimum Polda Gorontalo.

2. Polwan juga mengajak masyarakat menerapkan gaya hidup sehat

Peringati Hari Kartini, Polwan Berkebaya Bagi-Bagi Masker di JalanIDN Times/Elias

Menurut Ramlah, penggunaan masker merupakan salah satu upaya mencegah penularan COVID-19. Polwan Polda Gorontalo sengaja menyasar masyarakat pengguna jalan, karena orang yang beraktivitas di luar rumah lebih berisiko.

Sambil membagikan masker, para polwan juga melakukan pendekatan kepada para pengguna jalan, agar menerapkan pola hidup sehat dan bersih. Dengan begitu masyarakat bisa terhindar dari penyakit, termasuk COVID-19.

“Kita menyosialisasikan (pencegahan) virus corona, yaitu dengan cara harus menggunakan masker, seseringkali mencuci tangan, kemudian menjaga jarak dan mengimbau di rumah saja jika tidak (memiliki keperluan) terlalu penting di luar,” Ramlah menerangkan.

3. Pembagian masker dilakukan di beberapa lokasi Provinsi Gorontalo

Peringati Hari Kartini, Polwan Berkebaya Bagi-Bagi Masker di JalanIDN Times/Elias

Aksi polwan membagikan masker dilakukan di beberapa titik di Gorontalo. Selain di jalan-jalan kota, masker juga dibagikan di depan kantor-kantor kepolisian, seperti Polres Kabupaten Gorontalo dan Polres Bone Bolango.

Ramlah mengatakan, Polda Gorontalo juga berencana membagikan bantuan sembako kepada masyarakat yang terdampak pembatasan akibat pandemik COVID-19.

“Pembagian sembako akan diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” kata Ramlah.

Baca Juga: Akhir April, Lab BPOM Gorontalo Mulai Uji Spesimen COVID-19

Topic:

  • Elias
  • Aan Pranata

Berita Terkini Lainnya