Giliran TPD Ganjar-Mahfud Sulsel Laporkan Sekda Takalar ke Bawaslu

Sekdar Takalar diduga arahkan ASN pilih Prabowo-Gibran

Makassar, IDN Times - Tim Pemenangan Daerah (TPD) Capres-Cawapres nomor 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD di Sulawesi Selatan (Sulsel), melaporkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Takalar Muhammad Hasbi ke Bawaslu Sulsel, Rabu (17/1/2024).

Pihak TPD Ganjar-Mahfud Sulsel laporkan Sekda Takalar karena diduga kuat telah  mengampanyekan anak Presiden Joko "Jokowi" Widodo di hadapan guru dan para ASN. Hal ini sempat viral lewat video 1 menit.

"Kami sudah masukkan laporan pengaduan terkait dengan adanya video yang viral di kabupaten Takalar, dimana oknum ASN (Sekda) mengarahkan untuk memilih salah satu paslon, kami juga telah mencermati video itu sehingga kami beranggapan terkait dengan pelanggaran Pemilu," tegas salah satu tim hukum TKD Ganjar-Mahfud Sulsel, Andi Walinga di kantor Bawaslu Sulsel.

Diketahii, sehari sebelumnya, Selasa (16/1) tim Capres-Cawapres Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar Sulsel juga melaporkan kasus yang sama di kantor Bawaslu Sulsel.

1. TPD Ganjar-Mahfud nilai Sekda Takalar lakukan pelanggaran Pemilu

Giliran TPD Ganjar-Mahfud Sulsel Laporkan Sekda Takalar ke BawasluSekretaris Daerah Kabupaten Takalar, Muhammad Hasbi, viral usai diduga kampanye untuk Gibran Rakabuming/Istimewa

Menurut Andi Walinga, kasus ini jelas jadi pelanggaran Pemilu karena oknum Aparat Sipil Negara (ASN) dalam hal ini Sekda Kabupaten Takalar mengarahkan orang untuk memilih salah satu pasangan Capres-Cawapres.

"Itu sudah jelas karena mengarahkan pilih, kalau anaknya Jokowi yang akan jadi wakil presiden (dan) Prabowo jadi presiden akan dijanjikan sebagai pegawai negeri. Dan ini sangat viral," Andi Walinga menerangkan.

"Dan kebetulan tadi kami juga menerima info bahwa pihak istana (Kepresidenan)  telah membantah isu itu. Bahwa adanya janji jadi pegawai negeri apabila anaknya (Jokowi) jadi wakil presiden," lanjutnya.

2. TPD harap Bawaslu Sulsel bertindak tegas

Giliran TPD Ganjar-Mahfud Sulsel Laporkan Sekda Takalar ke BawasluSekretaris Daerah Kabupaten Takalar, Muhammad Hasbi, viral usai diduga kampanye untuk Gibran Rakabuming/Istimewa

Saat melaporkan kasus itu kata Walinga, pihaknya menyertakan bukti video dan juga salah satu bukti video di akun Facebook.

"Harapan kedepan kami berupaya supaya laporan ini ditindaklanjuti sehingga ini jelas permasalahannya kan hal ini sudah nyata pelanggaran Pemilu dan pelanggaran bagi ASN yang tidak netral," jelas Andi Walinga.

3. Bawaslu minta TPD Ganjar-Mahfud kembali lagi untuk melapor

Giliran TPD Ganjar-Mahfud Sulsel Laporkan Sekda Takalar ke BawasluKantor Bawaslu Sulsel di Jalan AP Pettarani Makassar. IDN Times/Dahrul Amri Lobubun

Sementara itu, Sub Penanggung Jawab Bagian Penanganan Pelanggaran Bawaslu Sulsel, Rahmat Hidayat pastikan pihaknya sudah menerima aduan dari TPD Ganjar-Mahfud secara administrasi. Tapi pihak TPD diminta kembali lagi, Kamis (18/1/2023).

"Laporan sudah dibuat, diterima secara administrasi tetapi karena sudah lewat 40 menit dari jam kerja jadi kita minta mereka kembali besok. Jadi nanti besok mereka kembali untuk melaporkan secara resmi dan akan kami berikan form-form yang sesuai yang diatur d ketentuan Bawaslu," ungkap Rahmat kepada wartawan.

Baca Juga: Tim Hukum AMIN Laporkan Sekda Takalar ke Bawaslu Sulsel dan Menpan-RB

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya