[BREAKING] Gempa Bumi di NTT Terasa hingga Sulawesi Selatan

Peringatan tsunami menyusul gempa bermagnitudo 7,5

Makassar, IDN Times - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan tsunami untuk wilayah timur Indonesia menyusul terjadinya gempa bermagnitudo 7,5 di Barat Laut Larantuka, Nusa Tenggara Timur, Selasa (14/12/2021) sekitar pukul 11.20 WITA.

"Peringatan Dini Tsunami untuk wilayah: MALUKU, NTB, NTT, SULSEL, SULTRA, Gempa Mag:7.5, 14-Des-21 10:20:22 WIB, Lok:7.59 LS, 122.26 BT (112 km BaratLaut LARANTUKA-NTT), Kedlmn:12 Km ::BMKG," demikian keterangan tertulis BMKG.

BMKG menyebutkan beberapa daerah berpotensi tsunami berstatus siaga dan waspada. Daerah yang berstatus siaga adalah Selayar (Sulsel), di Pulau Ende (NTT), Flores-Timur bagian Utara (NTT), Pulau Sikka (NTT), Sikka bagian Utara (NTT), Ende bagian Utara, (NTT), Pulau Lembata (NTT), Flores-Timur Pulau Adonara (NTT), Lembata bagian utara (NTT), Buton (Sultra), Alor bagian Utara (NTT), dan Bombana (Sultra).

Untuk daerah berstatus waspada yaitu Manggarai-Barat Bagian Utara (NTT), Wakatobi (Sultra), Bima Pulau Gili (NTB), Maluku Tenggara Barat P. Wetar (Maluku), Dompu bagian Utara (NTB), Bulukumba (Sulsel), Kendari Pulau Watulumango (Sultra). 

Pemerintah provinsi/kabupaten/kota yang berada pada status "Awas" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi menyeluruh.

Pemerintah provinsi/kabupaten/kota yang berada pada status "Siaga" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi.

Pemerintah provinsi/kabupatenab/kota yang berada pada status "Waspada" diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.

Baca Juga: [BREAKING] Gempa NTT, 5 Provinsi Dapat Peringatan Tsunami

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya