TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Laboratorium Tes Swab COVID-19 di Sulteng Beroperasi Pekan Depan

Diklaim mampu menguji 27 sampel dalam sehari

Humas Pemprov Sulteng

Palu, IDN Times - Unit Pelaksana Teknis (UPT) laboratorium kesehatan (labkes) milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah saat ini telah bersiap menampung sekaligus menguji spesimen virus corona. Fasilitas tersebut menguji swab melalui metode Polymerase Chain Reaction (PCR) terhadap orang dengan indikasi tertular COVID-19.

Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola mengatakan pihak UPT Labkes mulai beroperasi menguji sampel indikasi COVID-19 pada Senin (4/5) pekan depan.

“Hari Jumat besok (UPT Labkes) sudah menerima sampel (test swab), tetapi akan diuji mulai Senin mendatang,” kata Longki usai meninjau ruang laboratorium PCR, Kamis (30/4).

1. Mampu periksa 27 sampel dalam sehari

Humas Pemprov Sulteng

Dalam satu, laboratorium tersebut, ungkap Longki, mampu memeriksa hingga 27 sampel swab COVID-19.

“Hitungannya dua siklus, satu siklus itu lima jam, jadi dua siklus sepuluh jam. Jadi artinya diminimalkan lah pekerjaannya paling banyak 10 jam sebanyak 27 sampel,” jelasnya.

Baca Juga: [UPDATE] Jumlah Pasien Positif Virus Corona di Sulteng Jadi 47 Orang

2. Bisa menyimpan 1000 sampel bahkan dari luar daerah

Humas Pemprov Sulteng

“Kemungkinan juga kita bisa menerima sampel dari luar daerah terdekat seperti Sulbar dan Gorontalo, tetapi tentu kami prioritaskan warga Sulteng,” ujarnya.

UPT Labkes milik Pemprov, dikatakan Longki, bisa menampung total 1000 spesimen. Jumlah tersebut juga memungkinkan bisa menerima sampel dari luar Sulteng.

“Kita menunggu pengakuan dari Litbang Kemenkes RI, kalau sudah diakui berarti sama dengan (labkes) Makassar dan Jakarta,” harap Gubernur Sulteng dua periode itu.

Baca Juga: Gerakan 'Masak untuk Kawan' bagi Warga Terdampak COVID-19 di Palu

Berita Terkini Lainnya