[UPDATE] Jumlah Pasien Positif Virus Corona di Sulteng Jadi 47 Orang

23 pasien positif kategori orang tanpa gejala (OTG)

Palu, IDN Times - Data terbaru kasus virus corona atau COVID-19 di Provinsi Sulawesi Tengah per Rabu, 29 April 2020, tercatat ada penambahan 5 kasus positif sesuai hasil tes swab Polymerase Chain Reaction (PCR).

Haris Kariming, juru bicara Pusat Data dan Informasi (Pusdatina) COVID-19 Pemprov Sulteng menerangkan, akumulasi kasus positif virus corona di Sulteng saat ini berjumlah 47 pasien. “Sudah sesuai dengan rilis data COVID-19 nasional,” ucap Haris, Rabu (29/4).

1. Penambahan 5 positif baru dari kategori pasien OTG

[UPDATE] Jumlah Pasien Positif Virus Corona di Sulteng Jadi 47 OrangRS Anutapura Palu. IDN Times/M Faiz Syafar

“Ketambahan lima kasus positif tersebut adalah masyarakat dengan status OTG (orang tanpa gejala),” kata Haris.

Ia mengatakan, 5 pasien positif baru virus corona di Sulteng itu tengah menjalani perawatan di RSU Mokoyurli, Kabupaten Buol.

2. Sebanyak 23 pasien positif awalnya berkategori OTG

[UPDATE] Jumlah Pasien Positif Virus Corona di Sulteng Jadi 47 OrangIlustrasi virus corona. (IDN Times/Mia Amalia)

Haris menerangkan, dari jumlah total 47 kasus positif COVID-19 di Sulteng, 23 korban diantaranya terpapar virus tanpa mengalami gejala seperti demam, sesak napas, dan flu.

“Hasil surveillance (pengawasan) disinyalir pernah kontak dengan pasien yang positif COVID-19 serta dengan riwayat kluster dari daerah asal pandemik COVID-19,” jelas Haris.

Baca Juga: Bupati Morowali Utara Meninggal karena Corona, Istri dan Anak Positif

3. Data terkini penyebaran COVID-19 di Sulteng

[UPDATE] Jumlah Pasien Positif Virus Corona di Sulteng Jadi 47 OrangPusdatina Sulteng

Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) corona di Sulteng bertambah 3 orang sehingga total PDP menjadi 49 pasien. Sementara jumlah ODP  juga bertambah 10 orang dengan jumlah total 197. 

Selain itu, jumlah korban meninggal terkait COVID-19 di Sulteng sebanyak 3 orang. Sedangkan pasien yang berhasil sembuh sebanyak 8 orang.

Haris Kariming menekankan agar masyarakat Sulteng lebih patuh terhadap imbauan pemerintah untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, menjaga jarak dengan orang lain, dan memakai masker saat keluar rumah.

“Kekhawatiran terhadap masyarakat yang status OTG kemungkinan besar masih berkeliaran di luar rumah, maka dari itu kami (Pemda Sulteng) memohon agar masyarakat tetap menjalankan protokol pencegahan penyebaran virus corona ini,” tekan Haris.

Baca Juga: [UPDATE] Kasus COVID-19 di Sulteng Selasa 28 April: 42 Kasus Positif

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya