Rakernas APEKSI 2023: Seluruh Kota Unjuk Produk Unggulan di ICE Expo

Rakernas APEKSI 2023 digelar di Kota Makassar

Makassar, IDN Times - Panggung Seni Budaya Indonesia City Expo (ICE) digelar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), sebagai salah satu rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia atau APEKSI XVI Tahun 2023. Pembukaan ICE ini dipusatkan di Pantai Losari-Center Point of Indonesia, Senin (12/7/2023).

Ekspo ini bertujuan untuk mempromosikan potensi dan inovasi dari masing-masing kota di Indonesia, serta memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pengalaman di antara pemerintah kota anggota APEKSI.

Ada ratusan stand pameran dari masing-masing pemerintah kota yang menampilkan potensi dan program unggulan yang sedang dikembangkan. Mulai dari infrastruktur dan investasi, pariwisata, teknologi, hingga ekonomi kreatif.

Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan Pomanto selaku tuan rumah penyelenggara menyampaikan, ekspo ini diharapkan dapat memperkuat kolaborasi antar pemerintah kota dan mendorong pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia.

"Semoga ICE bukan hanya jadi pameran tapi juga ajang share and care, sama-sama kita peduli dengan Indonesia dengan share inovasi masing-masing," ucap Danny Pomanto, sapaan akrabnya.

1. Bima Arya apresiasi pelaksanaan ICE Expo APEKSI

Rakernas APEKSI 2023: Seluruh Kota Unjuk Produk Unggulan di ICE ExpoKetua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia atau APEKSI, Bima Arya berbicara dalam kegiatan APEKSI di Maros, Sulawesi Selatan, Senin (10/7/2023). IDN Times/Ashrawi Muin

Sementara itu, Ketua Umum APEKSI Bima Arya mengapresiasi penyelenggaraan ICE kali ini. Menurutnya, Makassar beruntung karena memiliki ruang publik yang cukup untuk melaksanakan kegiatan besar.

"Tetapi bukan sekadar beruntung, ini adalah perencanaan pembangunan, well design dari wali kota. Ini pelajaran bahwa menjadi tuan rumah APEKSI bukan hanya kemauan tapi juga kemampuan," katanya.

2. Diharap terjalin hubungan erat antarkota

Rakernas APEKSI 2023: Seluruh Kota Unjuk Produk Unggulan di ICE ExpoKetua APEKSI, Bima Arya saat mengunjungi ICE Expo 2023/Humas Pemkot Makassar

Lebih jauh, Bima Arya juga memuji Danny Pomanto yang memiliki kemampuan untuk mengatur segala sesuatu hingga ke bagian paling detail. Menurutnya, hal tersebut menggambarkan kepemimpinan yang bukan hanya berbicara secara makro, tapi juga mikro.

"Makassar punya struktur besar ruang publik yang bersahabat yang ditunjang dengan kemampuan organisir acara yang baik," sebutnya.

Diharapkan, melalui ekspo ini terjalin hubungan yang erat antar pemerintah kota serta munculnya berbagai inisiatif dan kerja sama yang dapat mendorong kemajuan kota-kota di Indonesia.

Baca Juga: Bima Arya sampaikan Tiga Pesan Penting di Rakernas APEKSI

3. Dihadiri 88 wali kota se-Indonesia

Rakernas APEKSI 2023: Seluruh Kota Unjuk Produk Unggulan di ICE ExpoSuasana pembukaan Rakernas APEKSI 2023 di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, Senin (10/7/2023). Dok. IDN Times/Humas Pemkot Makassar

Rapat kerja nasional (Rakernas) XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) resmi dibuka, Rabu (12/7/2023). Forum Rakernas bertajuk 'Kota Kita Maju, Indonesia Kita Kuat' ini berlangsung di Upperhills Convention Center, Makassar.

Kegiatan ini dihadiri 88 wali kota se-Indonesia. Pembukaan ditandai penabuhan gendang oleh Sekretaris Direktur Eksekutif APEKSI Alwis Rustam, Ketua Umum APEKSI Bima Arya, Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri Hajar Diantoro, Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, dan Wali Kota Makassar selaku tuan rumah Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto.

Baca Juga: Anies Baswedan Dipastikan Hadiri Rakernas XVI APEKSI di Makassar

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya