Anies Baswedan Dipastikan Hadiri Rakernas XVI APEKSI di Makassar

Anies, Ganjar dan Prabowo akan sampaikan gagasan

Makassar, IDN Times - Bakal calon presiden, Anies Baswedan, dipastikan akan menghadiri Rakernas XVI APEKSI di Makassar, besok Kamis 13 Juli 2023. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Konfederasi Nasional Relawan Anies (KoReAn), Muhammad Ramli Rahim.

Ramli mengaku awalnya tidak yakin Anies akan hadir karena baru saja tiba di Tanah Air setelah pulang dari Tanah Suci. Anies tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta hari ini, Rabu (12/7/2023).

Ramli mengaku bahwa tim Sekretariat ABW sebenarnya telah mengonfirmasi kehadiran Anies sejak pagi tadi. Namun masih ada potensi tidak hadir sehingga informasinya masih perlu ditahan. Kemudian, Ramli kembali menerima telepon dari tim pendahulu dan juga menerima telepon dari Wakil Ketua DPRD Sulsel, yang juga sekretaris Nasdem Sulsel.

"Tim pendahuluan memastikan kehadiran ABW di Makassar dan akhirnya menjawab berbagai pertanyaan yang sudah ada sejak pagi hari," kata Ramli melalui keterangan tertulisanya, Rabu (12/7/2023).

1. Relawan siap jemput Anies di bandara

Anies Baswedan Dipastikan Hadiri Rakernas XVI APEKSI di MakassarMantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. (IDN Times/Gregorius Aryodamar)

Ramli mengatakan bahwa pihaknya telah mengantisipasi kemungkinan banyaknya elemen masyarakat yang hendak menjemput.  Hal ini, kata dia, telah dibicarakan dengan para relawan.

Dia memastikan para relawan yang berniat hadir akan dikendalikan dengan tertib dan teratur.  Menurut identifikasi sementara, ada sekitar 400 orang yang akan menjemput Anies di bandara.

"Tak ada mobilisasi massa, yang mau datang menjemput silakan datang dengan kendaraan masing-masing, tak ada pengangkutan massal apalagi menyediakan uang transportasi," kata Ramli.

2. Para kandidat bacapres akan menyampaikan gagasan

Anies Baswedan Dipastikan Hadiri Rakernas XVI APEKSI di MakassarRakernas XVI Apeksi dibuka di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (12/7/2023). (IDN Times/Ashrawi Muin)

Sementara itu, Ketua APEKSI Bima Arya,  lebih dulu telah mengonfirmasi kehadiran dua kandidat bakal calon presiden lainnya yaitu Menteri Pertahanan Prabowo  Subianto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Mereka hadir dalam kapasitas sebagai tokoh pemimpin nasional.

Namun sejak awal, rakernas XVI APEKSI ini memang membuka ruang bagi tokoh-tokoh tersebut  untuk menyampaikan gagasannya. Ketiga tokoh itu merupakan figur yang mengemuka dalam bursa capres untuk 2024 mendatang.

"Mereka hadir untuk menyampaikan gagasan dan mendengar gagasan dari seluruh wali kota terkait hal-hal yang saya sampaika," kata Bima Arya.

Baca Juga: Bima Arya sampaikan Tiga Pesan Penting di Rakernas APEKSI

3. Tidak ada deklarasi

Anies Baswedan Dipastikan Hadiri Rakernas XVI APEKSI di MakassarWali Kota Bogor sekaligus Ketua APEKSI Bima Arya berbicara pada pembukaan Rakernas XVI APEKSI di Makassar, Rabu (12/7/2023). (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Sebelumnya, Bima memastikan bahwa rakerna ini hanya ruang bagi para bakal capres untuk menyampaikan gagasannya. Pasalnya, subtansi rakernas tahun ini yakni mengusung isu-isu besar untuk bisa ditindaklanjuti capres terpilih nanti.

Bima memastikan tidak ada panggung deklarasi dalam rakernas ini. Dia menyatakan bahwa APEKSI tidak berpolitik dan hanya memberikan ruang bagi tokoh-tokoh tersebut untuk menyampaikan gagasan tentang Indonesia ke depannya di hadapan para wali kota.

"Tidak ada. APEKSI ini kan isinya berbeda partai semua. Semua warna ada di sini, semua partai ada di sini," kata Bima.

Baca Juga: Rakernas APEKSI di Makassar Beri Panggung untuk Tiga Capres

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya