Rakernas APEKSI, Pemko Pematang Siantar Promosi Busana Adat Simalungun

Wali Kota Pematang Siantar bagi-bagi cendera mata

Makassar, IDN Times - Karnaval dan Pawai Budaya meriahkan pelaksanaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia atau APEKSI XVI tahun 2023, yang digelar di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Rabu (12/7/2023).

Sebanyak 56 kota mengikuti Karnaval dan Pawai Budaya APEKSI di Makassar. Salah satunya yaitu delegasi Kota Pematang Siantar, Sumatra Utara (Sumut), yang mengenakan busana khas Simalungun.

1. Wali Kota Pematang Siantar ikuti Pawai Budaya

Rakernas APEKSI, Pemko Pematang Siantar Promosi Busana Adat SimalungunWali Kota Pematang Siantar,Susanti Dewayani, serahkan cinderamata kepada Ketua APKESI, Bima Arya di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (12/7/2023). Dok. IDN Times/Istimewa

Wali Kota Pematang Siantar, Susanti Dewayani juga turut serta dalam Karnaval dan Pawai Budaya yang berlangsung meriah. Susanti mengenakan busana adat Simalungun, duduk bersama jajaran wali kota dan wakil wali kota se-Indonesia. Pawai Karnaval Budaya berlangsung di kawasan Pantai Losari, di Jalan Penghibur, Kota Makassar.

Delegasi Kota Pematang Siantar bernomor urut 51 tampil dengan percaya diri mengenakan atau memamerkan pakaian adat Simalungun di depan para peserta dari kota lain.

2. Susanti beri cendera mata

Rakernas APEKSI, Pemko Pematang Siantar Promosi Busana Adat SimalungunWali Kota Pematang Siantar,Susanti Dewayani, serahkan cinderamata kepada Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, Rabu (12/7/2023). Dok. IDN Times/Istimewa

Susanti memimpin delegasi Kota Pematang Siantar saat menampilkan keindahan busana adat daerahnya. Wali Kota juga menyempatkan diri menyerahkan cendera mata berupa busana Simalungun kepada Ketua APEKSI, Bima Arya, dan Wali Kota Makassar, Danny Pomanto, selaku tuan rumah Rakernas APEKSI 2023.

Saat menyerahkan busana Simalungun, Susanti menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada Kota Pematang Siantar untuk tampil di malam Karnaval Budaya.

“Terima kasih Pak Bima Arya, Terima Kasih pak Danny Pomanto,” tutur Susanti.

3. Rangkaian kegiatan Rakernas APEKSI 2023

Rakernas APEKSI, Pemko Pematang Siantar Promosi Busana Adat SimalungunWali Kota Bogor sekaligus Ketua APEKSI Bima Arya berbicara pada pembukaan Rakernas XVI APEKSI di Makassar, Rabu (12/7/2023). (Dok. Humas Pemkot Makassar)

Karnaval dan Pawai Budaya sebagai salah satu rangkaian kegiatan Rakernas APEKSI 2023 di Kota Makassar, disaksikan oleh masyarakat umum dan delegasi dari seluruh peserta.

Sebelumnya, para wali kota mengikuti pembukaan Rakernas APEKSI di gedung pertemuan Upperhils di Jalan Metro Tanjung Bunga, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti yang berada di Anjungan Pantai Losari.

Rakernas APEKSI 2023 digelar pada 10-14 Juli 2023 yang menghadirkan 88 wali kota dan wakil wali kota dari seluruh Indonesia. Pada Kamis besok, tiga calon presiden yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan, diagendakan hadir menyampaikan gagasan di depan peserta Rakernas APEKSI.

Topik:

  • Irwan Idris

Berita Terkini Lainnya